visitaaponce.com

World Water Forum Dongkrak Okupansi Hotel, Produk UMKM, Wisata

World Water Forum Dongkrak Okupansi Hotel, Produk UMKM, Wisata
Sejumlah partisipan memandangi hamparan sawah saat field trip World Water Forum ke-10 2024 di kawasan wisata Jatiluwih, Tabanan, Bali.(Antara/Media Center World Water Forum 2024/Bayu Pratama S)

WORLD Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Bali memberi banyak imbas positif bagi kepariwisataan daerah setempat. Selain mendongkrak okupansi kamar hotel, ajang itu juga membantu mengangkat produk-produk UMKM ke tingkat internasional. 

Dampak positif lain ialah promosi Bali, baik secara langsung atau tidak langsung, sebagai destinasi wisata yang sukses menggelar hajatan tingkat dunia yang diikuti delegasi dari 106 negara. 

Ketua Aliansi Pelaku Pariwisata Marginal Bali, I Wayan Puspa Negara, mengakui pergelaran WWF ke-10 sangat membantu meningkatkan okupansi kamar hotel, khususnya yang ada di kawasan Nusa Dua, serta berimbas ke hotel-hotel lain di wilayah sekitarnya.

Baca juga : Indonesia Buka Ruang Kolaborasi Atasi Persoalan Air Global

"Hotel-hotel (yang ditunjuk) di Nusa Dua semuanya full booked. Carambol effect beberapa hotel juga okupansinya naik," ujar Puspa Negara saat dihubungi, Jumat (24/5).

Bagi Puspa Negara, mantan anggota DPRD Kabupaten Badung, Bali, hajatan MICE (Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions) dengan kehadiran sekitar 30 ribu orang ini juga memberi keuntungan bagi pelaku UMKM mengingat ada kegiatan pamerannya. "Ini jelas akan mengangkat produk-produk UMKM go internasional," kata Puspa Negara. 

Apalagi lama kegiatan selama tujuh hari yang dinilai cukup panjang untuk kegiatan MICE juga memberi keuntungan lain, yaitu di antara mereka melakukan kunjungan ke sejumlah objek wisata

"Momen WWF ini juga secara langsung maupun tak langsung menjadi promosi gratis bagi Bali di dunia internasional, sehingga branding Bali makin meningkat," ujar Puspa Negara. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat