visitaaponce.com

Mengenal Analisis Teknikal untuk Investasi Kripto

Mengenal Analisis Teknikal untuk Investasi Kripto
Ilustrasi--Logo Bitcoin terlihat di sebuah toko penukaran cryptocurrency di Hong Kong.(AFP/DALE DE LA REY)

INVEESTASI dan trading aset kripto, seperti Bitcoin, memerlukan pemahaman yang jelas tentang nilai dan potensi aset di masa depan. Salah satu cara mengevaluasi nilai dan harga aset adalah melalui analisis teknikal. 

Artikel ini akan menjelaskan apa itu analisis teknikal dan mengapa ia penting dalam memilih aset kripto.

Investasi maupun trading dalam berbagai aset memerlukan pemahaman yang dalam dan analisis untuk mengevaluasi pergerakan dari harga aset tersebut. Salah satu penggunaan analisisnya yakni analisis teknikal. 

Baca juga : RWA Potensial sebagai Aset Investasi Kripto Mendatang

Merangkum dari Pintu Academy, berikut beberapa elemen penting dalam analisis teknikal untuk investasi kripto. 

Analisis teknikal adalah metode analisis yang menggunakan indikator matematis untuk memprediksi tren masa depan suatu aset berdasarkan pergerakan harga sebelumnya. 

Prinsip dasarnya untuk mengidentifikasi tren dan pola pergerakan aset dan menentukan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual. 

Baca juga : Anak Muda, Mayoritas Investor Kripto

Analisis teknikal membantu investor membeli aset dengan harga rendah dan menjual dengan harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun bukan ilmu pasti, analisis ini memberikan gambaran umum tentang pergerakan harga yang dapat diandalkan.

Terdapat empat elemen penting pada analisis teknikal. Pertama Grafik Harga Candlestick yang menyediakan detail tentang harga pembukaan, penutupan, tertinggi, dan terendah. 

Kedua ada Level Support dan Resistance untuk menentukan titik harga di mana aset mencapai harga bawah (support) dan harga atas (resistance). Ketiga yakni Garis Tren untuk mengidentifikasi tren pergerakan harga masa depan. 

Terakhir Indikator Teknikal seperti EMA (Exponential Moving Average) dan RSI (Relative Strength Index) untuk mengidentifikasi momentum harga dan tren.

Analisis teknikal digunakan untuk memahami tren pasar, mencegah FOMO (Fear of Missing Out) dan panic selling, serta mengidentifikasi peluang membeli di harga rendah dan menjual di harga tinggi. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat