visitaaponce.com

Bank Indonesia Cadangan Devisa Akhir Juni 2024 US140,2 Miliar

Bank Indonesia: Cadangan Devisa Akhir Juni 2024 US$140,2 Miliar
Ilustrasi(Antara)

Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2024 sebesar US$140,2 miliar. Angka itu meningkat tipis dibandingkan dengan posisi pada akhir Mei 2024 yakni US$139,0 miliar.

"Kenaikan posisi cadangan devisa tersebut dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, di tengah kebutuhan stabilisasi nilai tukar rupiah sejalan dengan masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global," ujar Asisten Gubernur BI Erwin Haryono dikutip dari siaran pers, Jumat (5/7).

Posisi cadangan devisa pada akhir Juni 2024 setara dengan pembiayaan 6,3 bulan impor atau 6,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Itu juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Baca juga : Mesir Kantongi Tambahan Pinjaman IMF Seiring Anjloknya Pound

Bank sentral, kata Erwin, menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai sehingga dapat terus mendukung ketahanan sektor eksternal.

Prospek ekspor yang tetap positif serta neraca transaksi modal dan finansial diprakirakan tetap surplus sejalan persepsi positif investor terhadap prospek perekonomian nasional dan imbal hasil investasi menarik, mendukung tetap terjaganya ketahanan eksternal.

"Bank Indonesia juga terus memperkuat sinergi dengan pemerintah dalam memperkuat ketahanan eksternal sehingga dapat menjaga stabilitas perekonomian dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," pungkas Erwin. (Z-11)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat