visitaaponce.com

BNI Luncurkan Aplikasi Wondr untuk Mudahkan Layanan Keuangan bagi Masyarakat

BNI Luncurkan Aplikasi Wondr untuk Mudahkan Layanan Keuangan bagi Masyarakat
Peluncuran aplikasi Wondr by BNI di Jakarta, Jumat (5/7).(MI/RAMDANI)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) meluncurkan aplikasi keuangan wondr by BNI sebagai solusi keuangan bagi masyarakat. Aplikasi tersebut diharapkan mampu mendukung kebutuhan pelayanan keuangan menyeluruh kepada seluruh nasabahnya.

Direktur Utama PT BNI Royke Tumilaar mengatakan, kehadiran wondr by BNI juga ditujukan untuk mempermudah aktivitas pelayanan keuangan masyarakat. Itu karena segala keperluan jasa keuangan ditawarkan melalui aplikasi tersebut.

“Kita melihat bahwa ini adalah hal baik untuk dicoba, mempermudah aktivitas pelayanan keuangan nasabah melalui satu platform. Platform ini kita bangun sebagai jembatan untuk mewujudkan aspirasi para nasabah, sehingga aplikasi ini dapat membantu mereka,” ujarnya dalam peluncuran wondr by BNI, di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Jumat (5/7).

Baca juga : Monitor Keuangan Perusahaan dengan Mudah Lewat QLola by BRI

Royke turut menjelaskan, wondr by BNI juga merupakan wujud nyata transformasi perseroan menghadirkan inovasi pelayanan keuangan. Terobosan ini diharapkan mampu menghadirkan solusi keuangan yang relevan bagi masyarakat.

“Ini merupakan realisasi perwujudan transformasi BNI dalam menghadirkan inovasi aplikasi perbankan untuk mempermudah transaksi sekaligus perencanaan masa depan masyarakat yang lebih optimal. Kami berharap wondr by BNI dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kegiatan perbankan masyarakat yang lebih komprehensif,” tuturnya.

Kendati pelayanan jasa keuangan perusahaan telah masuk dalam ekosistem digital, Royke mengatakan perusahaan tak serta merta meniadakan atau bahkan mengurangi pelayanan secara luring. Dia memastikan pelayanan optimum melalui kantor cabang akan tetap bisa diakses masyarakat.

Baca juga : BNI Finance Angkat Komisaris Utama Baru dan Lakukan Rebranding

Efisiensi yang dilakukan perusahaan juga tak selalu mengurangi jumlah pegawai. Pasalnya, perseroan memahami perlunya kehadiran manusia untuk memastikan pelayanan perbankan melalui aplikasi digital terlaksana dengan baik.

“Karena itu kita juga menyiapkan SDM supaya lebih kompeten. Jadi mungkin akan ada shifting, dari yang sebelumnya di kantor cabang ada beberapa teller, akan kita kurangi dan alihkan untuk menajdi tenaga pemasar. Karena melalui wondr by BNI sendiri, itu sudah seperti teller,” jelasnya.

Perusahaan juga memastikan keamanan data nasabah pengguna wondr by BNI. Setidaknya, perseroan memberikan keamanan berlapis pada aplikasi tersebut. Lapisan pertama, yakni edukasi kepada nasabah pengguna wondr by BNI.

Baca juga : IBS Gelar Konferensi Soroti Revolusi Layanan Keuangan Digital

Lapisan kedua ialah kontrol terhadap applikasi wondr by BNI, dan lapisan ketiga ialah adanya teknologi keamanan seperti kecerdasan buatan (Artificial Intilegence). “Jadi keamanan seperti enkripsi data, server harus selalu aman, termasuk back up data, itu sudah ada,” jelas Direktur Operasional dan Teknologi BNI Toto Prasetio di kesempatan yang sama.

“Lalu lapisan terakhir adalah kita memasang antifraud. Ini untuk mengatasi behaviour nasabah, sehingga kalau ada anomali transaksi itu bisa kita tolak,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan, keunggulan yang ditawarkan oleh wondr by BNI ialah adanya tiga dimensi keuangan unik yang mencerminkan konsep masa kini, masa lalu, dan masa depan. Pada konsep masa kini, wondr by BNI menghadirkan dimensi transaksi, yaitu dimensi yang mendukung kebutuhan keuangan real time nasabah dengan fitur transfer domestik, pembayaran tagihan, dan pengatuan jadwal trasnfer.

Baca juga : Jaga Kondisi Tetap Resilience, Perbankan Perlu Siapkan Berbagai Strategi

Lalu konsep masa lalu dihadirkan melalui dimensi insight. Pada dimensi ini, nasabah dapat memantau sekaligus menganalisis keuangan mereka sebelumnya melalui tampilan rekap keuangan yang lengkap. Dimensi ini juga memungkinkan nasabah mengelola keuangan lebih optimal merujuk dari data historis.

Kemudian pada konsep masa depan dihadirkan melalui dimensi growth. Dimensi ini fokus pada perencanaan masa depan dengan menyediakan beragam produk finansial yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, seperti investasi dan tabungan.

“Dengan tiga fitur tersebut, aplikasi ini memberikan kemudahan pengelolaan keuangan yang komprehensif untuk meningkatkan kemampuan transaksi pengguna,” pungkas Toto. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat