visitaaponce.com

Ini Cara Membuat Nasi Goreng Lezat di Rumah

Ini Cara Membuat Nasi Goreng Lezat di Rumah
Ilustrasi kuliner khas nasi goreng.(MI/Andri Widiyanto)

NASI goreng merupakan jenis kuliner yang digemari banyak orang. Bahkan, Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 Barrack Obama sempat menyebut nasi goreng sebagai makanan favorit ketka di Indonesia.

Nasi goreng bisa kita buat di rumah dengan menggunakan sejumlah bahan, seperti nasi melati wangi, wortel, kacang polong dan telur orak arik. Hidangan tumis yang mudah ini mengubah nasi putih menjadi biji-bijian beraroma yang dibumbui dengan kecap dan disajikan dengan sayuran berwarna-warni.

Biasanya, banyak yan menggunakan nasi sisa untuk makan cepat dan nyaman. Salah satu yang membuat hidangan nasi goreng begitu lezat adalah teknik menumis yang mudah dilakukan di rumah. Dengan menggunakan resep vegetarian sebagai dasar, Anda dapat memasukkan campuran atau protein apa pun yang diinginkan untuk mengubah rasa.

Tak perlu nasi khusus untuk membuat nasi goreng buatan sendiri. Anda bisa menggunakan nasi dingin sisa. Nasi sisa sangat ideal untuk digunakan karena butirannya terpisah dan lebih mudah dimasak.

Baca juga: Ini 15 Makanan Khas Bali, Mana Favoritmu?

Namun, itu tidak berarti nasi hangat yang baru dimasa tidak dapat digunakan, terutama saat keinginan melanda. Hanya perlu sekitar 20 menit tambahan untuk mempersiapkannya.

Kunci nasi segar adalah membiarkannya agak dingin sebelum digunakan. Proses pendinginan bisa cepat dilakukan dengan menebarkan nasi di atas loyang dengan suhu ruangan. Bisa juga dinginkan di lemari es selama 5-10 menit jika Anda tidak sabar. 

Berikut bahan-bahan untuk membuat nasi goreng di rumah:

-Nasi putih, melati atau biji-bijian panjang; segar atau sisa

-Bawang putih cincang

-Wortel dipotong dadu

-Kacang hijau, segar atau beku (hindari kalengan; terlalu lembek)

-Minyak wijen panggang

Baca juga: Barack Obama Di Antara Teriakan Satai dan Bakso

-Telur (dikocok)

-Kecap

-Garam dan lada putih (rasa pedas dan tidak menambah warna pada hidangan)

-Irisan daun bawang

Setelah bahan-bahan itu disiapkan, Anda dapat menggoreng nasi dengan sedikit warna kecokelatan dalam wajan. Lalu, tumis bawang bombay, bawang putih dan wortel hingga empuk. Setelahnya, buat lubang besar di tengah wajan dengan nasi.

Kemudian, tuangkan telur kocok dan aduk hingga dadih kecil terbentuk. Anda bisa menambahkan kecap agar muncul rasa gurih pada nasi. Lalu, tambahkan kacang hijau di bagian ujung untuk mempertahankan warna dan bentuk. Selamat mencoba!(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat