visitaaponce.com

Dira Sugandi Beberkan Sosok Kartini di Bidang Musik

Dira Sugandi Beberkan Sosok Kartini di Bidang Musik
Penyanyi Dira Sugandi(MI/Sumaryanto Bronto)

PELANTUN lagu 'Satu Cinta', Dira Sugandi, membeberkan beberapa sosok Kartini di bidang musik. Nama Ibu Soed disebut sebagai sosok Kartini yang sangat berjasa bagi anak-anak Indonesia.

"Dia benar-benar berjasa banget karena menciptakan lagu anak-anak yang kita butuh sampai sekarang, di saat anak-anak saat ini tidak lagi menyanyikan lagu anak-anak berbahasa Indonesia," ujar Dira, Kamis (21/4).

Untuk Kartini masa kini, nama Eva Celia dan Nadin Amizah juga disebutkan oleh Dira. Meski umurnya berbeda jauh di bawah Dira, namun keduanya memberi inspirasi dalam bermusik.

"Banyak yang usianya di bawah aku tapi aku salut sama mereka, mereka bisa memberikan impact pada sekitarnya bukan cuma buat yang seumuran aja tapi juga ke aku yang lebih tua. Banyak sih sebenarnya Kartini buat aku di musik," ungkapnya.

Baca juga:  Lagu Satu Cinta Dinyanyikan Ulang Dira Sugandi

Sementara itu, Dira berpendapat perempuan belum mendapat ruang maksimal di industri musik. Misalnya saja, posisi produser, arranger musik, sound engineer, masih jarang terlihat kaum perempuan.

"Aku ingin melihat lebih banyak lagi perempuan yang bekerja di belakang layar seperti produser, ada tapi belum terlalu banyak, arranger, sound engineer, music video director," tuturnya.

"Mungkin masih banyaknya penyanyi, musisi, pencipta lagu tapi yang lain-lainnya masih perlu diisi lagi," lanjutnya.

Dira juga memandang perempuan di dunia hiburan masih dilihat berdasarkan penampilan bukan bakat yang dimiliki. Penyanyi perempuan dituntut untuk selalu berpenampilan menarik dan cantik.

"Masih dituntut untuk tampil cantik, sensasional. Cuma ya kayaknya tapi sekarang udah banyak platform yang memberi edukasi khususnya kepada laki-laki dan kepada perempuan itu sendiri," pungkasnya.(Ant/OL-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat