visitaaponce.com

Akting Ajarkan Sheila Dara Berempati

Akting Ajarkan Sheila Dara Berempati
Penyanyi Sheila Dara Aisha mengatakan lewat belajar akting, Ia semakin lebih berempati dengan orang lain.(@sheiladara)

AKTRIS Sheila Dara mengaku dapat banyak pelajaran berharga dari industri hiburan. Penyanyi bernama lengkap Sheila Dara Aisha tersebut mengatakan lewat belajar akting, Ia semakin lebih berempati dengan orang lain.

"Aku merasa ketika menjalani pekerjaan di dunia akting, aku belajar banyak hal. Sampai di titik aku merasa bisa lebih berempati sama manusia lain karena aku belajar akting. Dulu, aku gak terlalu sensitif kalau misalnya nonton film, jadi flat aja ketika nonton. Jadi gak merasa terlibat dengan apa yang mereka rasakan," katanya, dalam sesi obrolan di kanal YouTube, HAHAHA TV, Sabtu (1/5).

"Jadi (akhirnya) ketika orang cerita, aku nonton film, denger lagu, itu malah jadi lebih bisa connect sama apa yang mereka kasih," lanjut pengusaha dan presenter keturunan Mandailing tersebut.

Baca juga: Ini Kata Maudy Koesnadi dan Sheila Dara Soal Toxic Relationship

Lebih lanjut, model berusia 30 tahun tersebut menuturkan, dulu dirinya menghadapi masalah dengan cara berpura-pura jika masalah tersebut tidak ada atau lari dari masalah. Akan tetapi, sejak mulai terjun di dunia hiburan, ia mulai belajar menghadapi masalah. 

“Dari situ (awal mulai syuting) aku berusaha belajar kalau misalnya ada kejadian senang atau sedih, ya udah dihadepin aja,” ujarnya.

Baca juga: Jelang Usia 30, Sheila Dara Lebih Selektif Memilih Skincare

Sejak kecil Sheila sudah gemar dengan seni. Darah seninya mengalir dari ibunya. Alumni Universitas Indonesia tersebut mengatakan pada masa muda, ibunya tergabung dalam sebuah grup band. Karena kecintaan pada seni, ibunya pun membangun sanggar. 

“Nyokap dulu (pernah) punya sanggar tari, nyanyi, dan akting. Dulu, sebenarnya aku ikutannya nyanyi di kelas 2 atau 3 SD,” kenang istri penyanyi Vidi Aldiano tersebut.

Pemilik album Cinta Terlarang ini juga mengatakan dirinya menyukai akting dan bernyanyi. 

“Tapi kalau disuruh milih banget sih, aku prefer akting. Mungkin karena sekarang passion-nya di situ (akting) aja," lanjut dia.

Transisi Sinetron ke Film

Sheila mengungkapkan jika dirinya mulai tertarik dengan film sejak memerankan tokoh Ayu/Retna di film Sabtu Bersama Bapak tahun 2016. "Mungkin sejak Sabtu Bersama Bapak udah tertarik banget karena proses pendalaman karakter (antara sinteron dan film) agal berbeda," kenang Sheila.

"Sebenarnya gak ada yang lebih baik antara tv atau film, semuanya punya challenges-nya masing-masing. Karena kalau zamannya sinteron, aku jadi terlatih untuk ngafalin skrip dengan sangat cepat. Kalau misalnya lagi kejar tayang banget, sebelum take baru muncul satu scene ini, satu scene ini. Jadi, emang harus ngafalin dengan cepat sekali," jelasnya.

Tak hanya itu, perempuan yang dulunya dikenal dengan nama Baby tersebut menuturkan jika tantangan lainnya bermain di sinetron ialah beradu akting tanpa lawan main. "Dan kadang-kadang karena beda tim, kita harus akting tanpa ada lawan main, jadi menurut aku itu juga challenging banget sebenarnya," paparnya.

Hal berbeda dirasakan di film, sehingga memunculkan ketertarikannya di dunia film. "Tapi kalau film yang membuat aku tertarik karena ada proses untuk kita membuat dunia sendiri buat karakternya. Aku pertama kali waktu syuting Sabtu Bersama Bapak, aku ngeliat proses kak Aca (Acha Septriasa) diskusi sama kak Arifin (Arifin Putra) reading skrip. Mereka berdua itu diskusinya emang benar-benar intens banget," ucapnya.

Sabtu Bersama Bapak merupakan film drama yang dirilis pada 5 Juli 2016. Film yang digarap oleh sutradara Monty Tiwa diperanlan oleh Acha Septriasa, Arifin Putra, Deva Mahendra, Sheila Dara, serta aktor dan aktris lainnya.

Sheila mengawali kariernya dengan menjadi salah satu duta McKids dan tergabung dalam trio Arvaby pada tahun 2000. Ia terjun ke dunia akting dengan bermain di sinetron pertamanya yang berjudul Bidadari pada tahun 2001. Lulus dari sekolah dasar pada tahun 2004, ia memutuskan untuk vakum dari dunia hiburan agar dapat fokus di pendidikannya.

Ketika masih duduk di bangku SMA, Sheila dikontrak oleh perusahaan rekaman Infinity Records dan merilis album bertajuk Cinta Terlarang pada tahun 2008 dengan mengeluarkan singel berjudul sama. Keahlian Sheila dalam bermain piano juga membuatnya didaulat untuk menjadi pianis dalam sejumlah acara televisi, seperti Senandung Cinta Yovie Widianto bersama Kevin Aprilio.

Saat menempuh pendidikan di Universitas Indonesia, Sheila bergabung ke dalam label WannaB Music Production dan mengeluarkan sebuah album bersama teman satu labelnya yang bernama Nikki dengan judul Nikki VS Sheila. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat