visitaaponce.com

Ulang Tahun ke-32, Berikut Momen Kepemimpinan Suho di Exo

Ulang Tahun ke-32, Berikut Momen Kepemimpinan Suho di Exo
Leader grup Exo, Kim Jun-myeon, yang akrab dipanggil Suho berulang tahun yang ke-32, Senin (22/5/2023)(@kimjuncotton)

EXO-L, sebutan penggemar Exo, kini tengah merayakan ulang tahun sang leader grup, Kim Jun-myeon, yang akrab dipanggil Suho yang ke-32. Sebagai salah satu pemimpin K-pop yang paling dicintai, Suho telah mengesankan penggemar dengan vokal yang memikat dan juga kepemimpinan yang luar biasa sejak 2012. 

Salah satu ciri kepemimpinan yang menonjol adalah kemampuannya melindungi dan mendukung anggota grupnya. Kesetiaan Suho terbukti saat menghadapi masa-masa sulit ketika Kris Wu, pemimpin Exo-M, meninggalkan grup pada 2014. 

Dalam konferensi pers, Suho berbicara dengan berani atas nama grup, memikul tanggung jawab sendirian. Pada 2019, ketika ada gangguan selama pertunjukan, Suho turun tangan untuk melindungi anggota Exo, membawa mereka kembali ke tempat yang aman dan menjauhkan penghalang yang mengganggu kamera.

Baca juga: Muncul di Sela Road to Allo Bank Festival, Baekhyun Exo Bakal ke Indonesia?

Kepribadian Suho yang penyayang dan altruis juga telah terbukti dalam banyak kesempatan. Salah satu contohnya adalah ketika dia mengorbankan kenyamanannya sendiri saat MAMA Awards 2016. 

Saat itu, Exo tidak mendapat cukup tempat di sofa, Pemimpin Exo ini memilih untuk duduk di lantai agar anggota grupnya dapat duduk dengan nyaman. Tindakan ini menunjukkan bahwa Suho selalu siap mengorbankan dirinya demi kebahagiaan dan kenyamanan anggota lainnya.

Baca juga: Kai Exo Masuk Wajib Militer, Ini Tampilan Rambut Barunya

Suho juga memiliki kedekatan dengan anggota termuda, Oh Sehun. Ketika mereka berpartisipasi dalam acara realitas Exo Ladder di Namhae pada 2022, Suho menunjukkan rasa protektifnya terhadap Sehun. 

Dia dengan rela tidur di kamar Sehun untuk menghiburnya dalam lingkungan yang asing. Tindakan seperti ini memperlihatkan rasa perhatian dan kepedulian Suho terhadap anggota grupnya, terutama yang lebih muda.

Selama acara realityshow Exo Showtime, ada momen yang mengharukan yang memperlihatkan kemurahan hati Suho. Saat jamuan makan, Suho dengan sukarela menyerahkan kartu kreditnya kepada Kyungsoo, menawarkan untuk membayar tanpa diminta.

Melalui tindakan ini, terbukti bahwa Suho selalu siap memberikan dukungan dan mengurus rekan satu grupnya, membuat mereka merasa beruntung memiliki seorang pemimpin yang dapat diandalkan.

Suho menjadi anggota Exo pertama yang mengikuti audisi saat masih bersekolah, mulai dari usia 16 tahun. Selama masa trainee, Suho pernah merasakan kesepian karena teman seangkatannya, seperti Taemin dan Jonghyun, debut lebih dulu bersama grup Shinee.

Pada 2009, Suho memulai kuliah di Universitas Seni Nasional Korea, namun dia kemudian memutuskan untuk berhenti kuliah pada 2011 karena jadwal yang padat. Meskipun demikian, Suho tetap melanjutkan pendidikannya di Kyung Hee Cyber University bersama dengan rekan satu grupnya, Chanyeol dan Baekhyun, dengan mengambil kelas online di jurusan Manajemen dan Seni Budaya.

Dalam perjalanan kepemimpinannya di Exo, Suho telah menunjukkan sikap yang luar biasa dalam melindungi dan mendukung anggota, kemurahan hati, perlindungan terhadap anggota termuda, serta kepedulian terhadap kebahagiaan dan kerja sama dalam grup yang dipimpinnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat