visitaaponce.com

Studio Ghibli akan Dapat Penghargaan Kehormatan dari Festival Film Cannes

Studio Ghibli akan Dapat Penghargaan Kehormatan dari Festival Film Cannes
Seorang pengunjung melihat poster film The Boy and the Heron, film teranyar Studio Ghibli, di sebuah bioskop di Tokyo, Jepang.(AFP/Richard A. Brooks)

STUDIO animasi legendari Jepang, Studio Ghibli, akan menerima penghargaan kehormatan Palme d'Or dari Festival Film Cannes, Mei mendatang. Hal itu diungkapkan penyelenggara Festival Film Cannes, Rabu (17/4).

Studio pemenang penghargaan Piala Oscar, yang didirikan oleh Hayao Miyazaki, 40 tahun lalu, terkenal di dunia lewat karya mereka seperti Spirited Away, My Neighbour Totoro, dan Howl's Moving Castle.

Penghargaan itu akan menjadi kali pertama Festival Film Cannes memberikan penghargaan kepada kelompok bukan individu.

Baca juga : George Lucas akan Dapat Penghargaan Kehormatan di Festival Film Cannes

Miyazaki jarang muncul di publik dan rekannya saat mendirikan Studio Ghibli, Isao Takahata meninggal dunia pada 2018.

Pendiri Studio Ghibli lainnya, Tohio Suzuki, mengaku sanga5t terhormat dan bahagia akan menerima penghargaan dari Festival Film Cannes.

"Karakter yang dihadirkan Studio Ghibli memancing imajinasi kita dengan dunia yang penuh warna serta cerita yang menarik," ujar penyelenggara Festival Film Cannes.

Baca juga : Baldur’s Gate 3 Sabet Penghargaan Game of the Year 2023 di Steam

"Berkay Guhbli, film animasi Jepang sukses mencuri perhatian para penggemar film karena menghadirkan hal yang tradisional dan juga modern," lanjut mereka.

Miyazaki, 83, telah berulang kali mengumumkan dirinya akan pensiun. Namun, tahun lalu, dia kembali merilis film berjudul The Boy and the Heron, yang meraih Piala Oscar untuk katergori film animasi terbaik.

Piala Oscar untuk The Boy and the Heron merupakan Piala Oscar kedua bagi Studio Ghibli setelah Spirited Away pada 2003. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat