visitaaponce.com

Pemrakarsa Kontes Kecantikan Meninggal di Usia ke-96, Berikut Profil Mooryati Soedibyo

Pemrakarsa Kontes Kecantikan Meninggal di Usia ke-96, Berikut Profil Mooryati Soedibyo
Profil Mooryati Soedibyo(MI/Ramdani)

PENDIRI Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo, meninggal dunia pada Rabu (24/4) dini hari. Ia yang juga pemrakarsa kontes kecantikan Puteri Indonesia wafat pada usia 96 tahun. 

Hal tersebut disampaikan oleh Pembawa acara sekaligus mantan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, melalu unggahan di akun instagram pribadinya. 

"Telah berpulang ke pangkuan-NYA, Ibu Mooryati Soedibyo pada hari Rabu, 24 April, pukul 01.00 WIB dini hari pada usia 96 tahun," tulisnya.

Baca juga : Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia Tutup Usia

Profil Mooryati Soedibyo

Mooryati Soedibyo, dengan nama lengkapnya Hj. BRA. Mooryati Soedibyo, S.S., M.Ham lahir pada tanggal 5 Januari 1928 di Solo. Cucu Sri Susuhunan Pakoe Boewono X Keraton Surakarta ini terkenal dengan segala hal yang berkaitan dengan kecantikan, jamu tradisional, dan lingkungan keraton. Mooryati juga merupakan Presiden Direktur Mustika Ratu, serta salah satu pencetus ide kontes Puteri Indonesia yang berlanjut hingga saat ini.

Sejak usia 3 tahun, ia tinggal di Keraton Surakarta yang dikenal sebagai episentrum kebudayaan Jawa.
Di keraton, ia mendapatkan pelatihan adat istiadat, tari klasik, seni rupa, batik, ngadi saliro ngadi, busono, dan lainya. Ia juga belajar tentang tumbuhan berkhasiat, membuat jamu dan kosmetik tradisional dari bahan alam, serta belajar bahasa sastra Jawa.

Pada tahun 1973, hobi masa kecil Mooryati dengan meminum jamu akhirnya berkembang menjadi sebuah bisnis. Ramuan Kasunanan Surakarta awalnya diberikan kepada teman-temannya, namun hal itu berubah menjadi sebuah bisnis.

Baca juga : Bogor Jadi Tempat Peristirahatan Terakhir Mooryati Soedibyo, Sang Pendiri Mustika Ratu

Pada tahun 1975, Mooryati mendirikan perusahaan kosmetika Mustika Ratu. Melalui Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo menjadi pionir dalam industri  kecantikan, jamu, dan produk kesehatan di tingkat kancah nasional maupun global.

Selain itu, ia juga meluncurkan Kontes Puteri Indonesia pada tahun 1990, yang ia dirikan setelah menyaksikan kontes Miss Universe yang diadakan di Bangkok pada tahun 1990. Dari sinilah muncul keinginannya untuk memberikan kepercayaan diri kepada perempuan Indonesia untuk berkembang di dunia internasional. Sementara itu, Sementara pada tahun 1992, Mooryati mendirikan Yayasan Puteri Indonesia sebagai wadah perempuan Indonesia untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa melalui acara tahunan Puteri Indonesia.

Di samping itu, Mooryati Soedibyo juga dikenal sebagai pendiri Taman Sari Royal Heritage Spa (TSRH), yang telah banyak berjasa atas pengembangan industri spa di Indonesia melalui perawatan spa tradisional yang telah diwariskan sebagai warisan budaya turun temurun keluarga kerajaan.

Baca juga : Grand Final Puteri Indonesia 2024 Dihadiri 3 Ratu Kecantikan Dunia

Mooryati Soedibyo pun sempat terjun ke dunia politik pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tahun 2004 hingga 2009, ia menjabat sebagai Wakil Ketua MPR melalui DPD. Selain menjadi Wakil Ketua MPR, Mooryati juga merupakan anggota Panitia Ad Hoc III DPD yang antara lain membidangi masalah pendidikan, kesehatan, dan  kesejahteraan (termasuk kesejahteraan perempuan).

Mooryati Soedubyo terdaftar di MURI sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia dan “Empu Jamu". Menurut majalah Globe Asia, ia menduduki peringkat ke-7 dalam daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia tahun 2007.

Baru-baru ini, Mooryati diketahui menerima Lifetime Achievement Award dari Ibu Negara Thailand, Dr. Pakpilai Thaivisin. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Bingar Egidius Situmorang, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), pada acara Asia-Pacific Spa Wellness Coalition yang diselenggarakan pada 21 April di Bangkok, Thailand. Penghargaan bergengsi tersebut diberikan sebagai dedikasi beliau atas kontribusinya terhadap industri spa dan wellness. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat