visitaaponce.com

Rekomendasi 9 Film tentang Ilmuwan yang Inspiratif

Rekomendasi 9 Film tentang Ilmuwan yang Inspiratif
Rekomendasi film tentang Ilmuwan yang menginspirasi(IMD)

ILMUWAN sering kali menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang, dengan dedikasi mereka untuk penemuan dan penelitian yang mengubah dunia. Berikut ini ada beberapa film yang mengangkat kisah-kisah inspiratif tentang ilmuwan, yang tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga menggugah semangat penemuan dan dedikasi.

Jangan lupa disimak sampai habis ya.

9 Rekomendasi Film tentang Ilmuwan

1. The Imitation Game (2014)

Baca juga : Proyektor Jadul yang Disukai Anak-anak di Hongaria

Alan Turing (diperankan oleh Benedict Cumberbatch) adalah seorang matematikawan Inggris yang brilian, tetapi juga sosok yang kompleks dan eksentrik. Selama Perang Dunia II, pemerintah Inggris mempekerjakannya untuk memecahkan kode Enigma Nazi, mesin penyandi Jerman yang sangat sulit dipecahkan.

Turing bersama dengan timnya di Bletchley Park mengembangkan mesin rahasia yang disebut bombe untuk memecahkan kode tersebut. Di tengah-tengah pekerjaannya yang rahasia, Turing juga berjuang dengan identitasnya sendiri, sebagai seorang gay di era yang tidak menerima orientasi seksualnya. The Imitation Game menggambarkan kehidupan Turing yang penuh teka-teki, dedikasi ilmiahnya, dan perjuangan pribadinya dengan gaya yang mengharukan dan mendalam.

2. A Beautiful Mind (2001)

Baca juga : Pendapatan Cinema XXI Naik 18,9% pada 2023

Film ini mengisahkan kehidupan John Nash (diperankan oleh Russell Crowe), seorang matematikawan jenius yang mengidap skizofrenia. Nash memenangkan Hadiah Nobel dalam Ekonomi untuk karyanya dalam teori permainan, tetapi perjuangannya melawan penyakit mentalnya dan perasaannya yang semakin paranoid membuat hidupnya menjadi rumit.

Dengan dukungan dari istrinya, Alicia (diperankan oleh Jennifer Connelly), Nash akhirnya menerima dan memahami penyakitnya, memungkinkannya untuk terus berkontribusi pada dunia ilmu pengetahuan.

3. The Theory of Everything (2014)

Baca juga : 21 Rekomendasi Film Semi Korea dengan Adegan Panas yang Menggoda

Film ini berfokus pada kehidupan fisikawan terkenal Stephen Hawking (diperankan oleh Eddie Redmayne) dan hubungannya dengan istrinya, Jane (diperankan oleh Felicity Jones). Ketika Stephen didiagnosis menderita ALS pada usia muda, dia dihadapkan pada kenyataan bahwa hidupnya akan terbatas.

Meskipun begitu, Stephen terus mengejar penelitian ilmiahnya dengan tekad yang luar biasa, sementara Jane memainkan peran penting dalam merawatnya dan keluarga mereka. The Theory of Everything menggambarkan kisah cinta, ketahanan, dan semangat penemuan yang luar biasa.

4. Hidden Figures (2016)

Baca juga : Teror Kecantikan Keabadian di Film Horor Lampir

Film ini mengisahkan tentang tiga ilmuwan wanita Afrika-Amerika - Katherine Johnson (diperankan oleh Taraji P. Henson), Dorothy Vaughan (diperankan oleh Octavia Spencer), dan Mary Jackson (diperankan oleh Janelle Monáe) - yang bekerja di NASA selama awal program antariksa Amerika. Meskipun menghadapi rasisme dan diskriminasi gender, ketiga wanita ini terus berjuang untuk membuktikan kemampuan mereka dan menjadi bagian integral dari misi antariksa yang mengubah sejarah.

5. The Man Who Knew Infinity (2015)

Film ini mengisahkan tentang Srinivasa Ramanujan (diperankan oleh Dev Patel), seorang matematikawan India yang memiliki bakat alami yang luar biasa. Ketika Ramanujan menerima undangan untuk belajar di Universitas Cambridge di Inggris, dia harus menghadapi tantangan sosial dan budaya yang besar. Namun, dengan bantuan profesor G.H. Hardy (diperankan oleh Jeremy Irons), Ramanujan berhasil membuktikan teorema-teorema kompleks yang mengubah pandangan dunia terhadap matematika.

6. Marie Curie: The Courage of Knowledge (2016)

Film ini mengisahkan tentang Marie Curie (diperankan oleh Karolina Gruszka), ilmuwan Polandia yang memenangkan dua Hadiah Nobel dalam dua bidang yang berbeda: fisika dan kimia. Meskipun menghadapi banyak rintangan dan diskriminasi karena gender, Curie terus mengejar penelitiannya tentang radioaktivitas dan memberikan kontribusi besar pada ilmu pengetahuan.

7. The Martian (2015)

Mark Watney harus berjuang untuk bertahan hidup di planet yang tidak bersahabat itu. Ditinggalkan tanpa persediaan yang cukup dan tanpa cara untuk menghubungi Bumi, Watney harus mengandalkan pengetahuan ilmiahnya sebagai ahli botani dan insinyur untuk mencari cara bertahan hidup. Dia memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarnya, termasuk menanam tanaman di Mars menggunakan teknik pertanian improvisasi yang brilian.

Sementara itu, di Bumi, NASA dan rekan-rekan Watney yang tersisa berusaha keras untuk menemukan cara untuk menyelamatkannya. Mereka merancang dan melaksanakan misi penyelamatan yang berisiko tinggi, menghadapi tantangan teknis dan tekanan politik yang besar.

Melalui perjuangan dan ketahanannya, Mark Watney menunjukkan tekad yang luar biasa untuk bertahan hidup dan kembali ke rumah. Film ini menyoroti daya tahan manusia, kecerdasan, dan semangat kolaboratif yang diperlukan untuk mengatasi tantangan ilmiah dan teknis yang luar biasa.

8. Good Will Hunting (1997)

Film ini menceritakan tentang Will Hunting (diperankan oleh Matt Damon), seorang jenius matematika yang berasal dari latar belakang yang sulit di Boston. Will secara tidak sengaja menyelesaikan masalah matematika yang rumit di papan pengumuman universitas dan menarik perhatian profesor matematika terkemuka. Namun, konflik internal dan masa lalunya yang kelam menghambat potensinya. Dengan bantuan seorang psikolog, Sean Maguire (diperankan oleh Robin Williams), Will mulai memahami dan mengatasi masalah pribadinya, sambil mengejar kecemerlangannya dalam matematika.

9. Einstein and Eddington (2008)

Film ini menggambarkan hubungan antara Albert Einstein (diperankan oleh Andy Serkis) dan Arthur Eddington (diperankan oleh David Tennant) selama tahun-tahun awal relativitas umum. Ketika perang dunia pertama sedang berlangsung, Einstein mengejar teori relativitas umumnya, sementara Eddington, seorang fisikawan Inggris, berusaha membuktikannya melalui pengamatan astronomi. Keduanya menghadapi tantangan politik dan sosial yang besar, tetapi kerja sama mereka membawa kontribusi besar pada ilmu pengetahuan. (Z-10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat