visitaaponce.com

Banyak Warga Jepang Tertarik Belajar Bahasa Indonesia

Banyak Warga Jepang Tertarik Belajar Bahasa Indonesia
(Ilustrasi -- Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq)

HUBUNGAN bilateral Indonesia-Jepang dari tahun ke tahun semakin terjalin erat. Rasa ingin tahu masyarakat Jepang terhadap budaya Tanah Air semakin tinggi ditunjukan dengan besarnya minat masyarakat Jepang mempelajari Bahasa Indonesia.

"Ya, sekarang ini minat masyarakat Jepang tinggi untuk belajar bahasa Indonesia," kata Ahli Bahasa Indonesia, Kyoko Funada, saat berkunjung di kantor Media Indonesia, Rabu (31/10).

Dosen Kanda University itu menyebut kini semakin banyak universitas di 'Negeri Matahari Terbit' itu menawarkan program studi Bahasa Indonesia. Jumlah peminatnya pun rata-rata 20 hingga 40 mahasiswa pertahun.

Baca juga: Investor Dukung Mahasiswa Berinovasi Lewat Bisnis Rintisan

Minat mempelajari Bahasa Indonesia beragam. Mulai dari rasa ingin tahu budaya nasional hingga kepentingan ekonomi dan bisnis di tanah air.

"Mereka antusias belajar bahasa Indonesia guna lebih mengenal Indonesia di antaranya untuk berbisnis bidang ekonomi dan belajar budaya Indonesia yang dikenal kaya dan beragam," ujar Funada.

Demi memperdalam budaya Indonesia, beberapa universitas di Jepang pun menyediakan fasiltas alat-alat kesenian tanah air. Jadi tidak hanya bahasa, kesenian tari, musik gamelan pun turut diajarkan.

Demi belajar langsung budayanya, kampus di Jepang rutin mengadakan studi visit atau kursus singkat mahasiswanya ke tanah air. Salah satu kota tujuannya ke Malang, Jawa Timur.

"Mahasiswa kami belajar langsung dengan masyarakat Indonesia di Malang. Belajar bahasa dan budaya sehingga mereka semakin mahir dan semangat belajar bahasa Indonesia," papar Funada. (Medcom/OL-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat