visitaaponce.com

Jaga Ketersediaan Air Tanah dengan Biopori

Jaga Ketersediaan Air Tanah dengan Biopori
EDUKASI LINGKUNGAN HIDUP: Sejumlah murid SMA Katolik St Louis 1 Surabaya membuat lubang resapan biopori saat melakukan aksi(ANTARA/Moch Asim)

MEMPERINGATI Hari Air Sedunia, PT South Pacific Viscose (PT SPV) melakukan program corporate social responsibility (CSR) dengan membangun 5.000 biopori di 1.000 rumah di Desa Cicadas, Purwakarta, Jawa Barat. Perusahaan penghasil serat untuk pasar dunia itu juga memfasilitasi pembangunan lima sumur komunal sebagai sumber air bersih bagi warga.

Biopori yang berbentuk lubang silindris di tanah berfungsi untuk meningkatkan daya serap air pada tanah. Lubang biopori bermanfaat untuk mengatasi genangan air sekaligus menjaga ketersediaan air tanah. Pembangunan biopori dilakukan mengingat kontur tanah di sekitar Purwakarta merupakan tanah bebatuan sehingga sering terjadi genangan air jika turun hujan.

Baca Juga : Ma'ruf Amin Apresiasi Aplikasi Karya Santri

"SPV menginisiasi gerakan 5 biopori di setiap rumah yang bertujuan menjaga kandungan air tanah tetap terjaga. Alhamdulillah program ini didukung penuh oleh warga sekitar dan saat ini terdapat 5.000 biopori di permukiman warga Cicadas," ujar Head of Corporate Affairs PT SPV, Widi Nugroho, kemarin.

Ia menambahkan, dalam program CSR-nya, SPV selalu melibatkan masyarakat setempat. Hal itu untuk membentuk rasa memiliki sehingga kegiatan tersebut dapat berkelanjutan. (RO/H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : PKL

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat