visitaaponce.com

Keliru Bersihkan Telinga Bisa Bikin Tuli

Keliru Bersihkan Telinga Bisa Bikin Tuli
Ilustrasi Tuli(Wordpress.com)

TULI pada telinga bisa disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya penumpukan serumen, yang sering disebut kotoran telinga yang terjebak dalam telinga. Hal itu bisa terjadi akibat kesalahan dalam membersihkan telinga.

"Untuk membersihkan kotoran telinga, seharusnya jangan terlalu sering mengorek menggunakan cotton bud karena itu akan membuat kotoran justru terdorong masuk ke dalam telinga," ujar Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher (PP Perhati-KL) Indonesia dr Soekirman Soekin, SpTHT-KL(K) di Jakarta, pekan lalu.

Ia menjelaskan, serumen merupakan bagian dari sistem pertahanan yang mencegah masuknya benda asing, misal, serangga, ke dalam telinga. Serumen hanya terdapat di sepertiga bagian luar lubang telinga. Serumen sebetulnya bisa keluar sendiri melalui mekanisme tubuh.

Baca Juga : Cegah Tuli kepada si Kecil

"Berbicara, menguap, dan mengunyah dapat membantu telinga mengeluarkan kotoran karena sendi pada rahang manusia akan mendorong kotoran keluar telinga," imbuhnya.

Bila tak juga keluar, ia menyarankan penggunaan cairan khusus penghancur kotoran telinga. Kemudian bersihkan lubang telinga dengan tisu atau cotton bud untuk bayi yang berukuran kecil, tapi jangan mengorek terlalu dalam.

"Jika membersihkan terlalu dalam, selain akan mendorong kotoran masuk, juga dapat membuat bagian telinga menjadi iritasi dan akan memperparah kondisi telinga," katanya. (*/H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : PKL

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat