visitaaponce.com

Menag Yaqut Imbau Shalat Idul Fitri Sebaiknya di Rumah Saja

Menag Yaqut Imbau Shalat Idul Fitri Sebaiknya di Rumah Saja
MENTERI Agama RI Yaqut Cholil Qoumas(Antara)

MENTERI Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengimbau bahwa shalat Idul Fitri (Ied) sebaiknya dilakukan di rumah masing-masing warga. Pasalnya di tengah pandemi Covid-19, keselamatan umat Islam itu sendiri merupakan wajib hukumnya.

"Kita minta masyarakat untuk sebaiknya shalat Ied di rumah masing-masing. Nggak apa-apa karena shalat Ied ini hukumnya sunah, sementara menjaga kesehatan, keselamatan diri, keluarga dan lingkungan itu hukumnya wajib. Jadi dahulukan yang wajib dari pada yang sunah," ungkapnya usai launching Peta Jalan Kemandirian Pesantren, Selasa (4/5).

Untuk zona hijau dan kuning, Menag Yaqut mengatakan boleh menjalankan shalat Ied di masjid. Akan tetapi, protokol kesehatan tetap harus dipatuhi dan kapasitasnya hanya 50% saja.

Begitu pula dengan shalat Ied di lapangan terbuka. Dia menekankan agar tetap memperhatikan faktor kelamatan bersama. Bahkan lebih baik shalat di rumah dari pada harus kelapangan yang bisa memicu kerumunan.

"Lebih baik sholat Ied di rumah dari pada di lapangan. Di rumah saja nggak apa-apa, karena sekali lagi menjaga kesehatan, keselamatan itu wajib," tegasnya.

Yaqut menambahkan bahwa shalat dengan memakai masker juga diperbolehkan. Menurut dia, tidak ada yang salah ketika harus shalat memakai masker karena saat ini sedang dalam masa darurat.

"Coba lihat di Masjidil Haram itu mereka shalat, semua pakai masker karena memang melindungi diri sendiri wajib hukumnya," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga:  CEO Media Group Apresiasi Kegiatan Semarak Ramadan 1442 H

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat