visitaaponce.com

Ini Manfaat Kartu Nikah Digital yang Segera Diluncurkan Kemenag

Ini Manfaat Kartu Nikah Digital yang Segera Diluncurkan Kemenag
Pasangan pengantin memperlihatkan buku dan kartu nikah usai melaksanakan akad nikah di KUA Tandes, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/5).(ANTARA/Moch Asim)

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) segera meluncurkan kartu nikah digital. Kartu tersebut memiliki sejumlah manfaat.

"Ada banyak manfaat kartu nikah digital. Pertama, kecepatan mengakses data diri dari pasangan suami istri sebagaimana tertera dalam kartu tersebut," kata Direktur Bina Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah Kemenag Muharam Marzuki dalam keterangan tertulis, Kamis (20/5).

Manfaat berikutnya yakni mempermudah pengecekan keabsahan pernikahan pasangan suami istri. Data pernikahan juga tertera pada kartu tersebut.

Baca juga : Cara Daftar Nikah Secara Online via SIMKAH Kemenag

Selanjutnya, kartu nikah digital memiliki manfaat mencegah pemalsuan dokumen pernikahan. Sekaligus menghindari praktik penipuan yang dilakukan oleh salah satu pasangan.

"Jadi susah mau nipu-nipu, 'oh saya belum nikah', nanti ketahuan dari kartu tersebut," ujar Muharam.

Kehadiran kartu juga mencegah kecurigaan apabila pasangan suami istri bepergian bersama. Kartu menandakan keduanya pasangan sah.

Baca juga : Beredar Kartu Nikah Khusus Poligami, Kemenag: Hoaks

"Jadi sudah bisa dicek melalui kartu nikah digital tadi. Biasanya pada hotel atau tempat berlogo syariah pasti mereka (pegawai) bertanya," ucap Muharam.

Kehadiran kartu nikah digital juga mempercepat layanan bagi pasangan pengantin. Pasangan pengantin yang baru melangsungkan pernikahan bisa menerima kartu nikah digital secara daring. Kartu dikirim pihak KUA melalui nomor WhatsApp maupun surat elektronik (surel) atau email.

Kemenag akan meluncurkan kartu nikah digital pada akhir Mei 2021.

Baca juga : Kemenag Setop Terbitkan Kartu Nikah Fisik, Beralih Menjadi Digital

Peluncuran itu rencananya dilaksanakan bersamaan dengan kick off enam KUA Piloting di KUA Banjarnegara, Jawa Tengah. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat