visitaaponce.com

Alkohol terkait dengan 1 dari 25 Kasus Kanker Global

Alkohol terkait dengan 1 dari 25 Kasus Kanker Global
Ilustrasi.(AFP/Octavio Jones.)

KONSUMSI alkohol dikaitkan dengan 4% dari semua kasus kanker global baru pada tahun lalu. Ini temuan penelitian yang diterbitkan Rabu (14/7), ketika para peneliti memperingatkan kebutuhan mendesak untuk mengingatkan orang tentang risiko tersebut.

Laki-laki menyumbang lebih dari tiga perempat dari perkiraan kasus, terutama terkait dengan minum berisiko atau berat. Namun satu dari tujuh kasus kanker terkait alkohol ini dikaitkan dengan konsumsi moderat sekitar dua gelas sehari.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Oncology memperkirakan bahwa ada lebih dari 6,3 juta kasus pada 2020 terkait kanker mulut, faring, laring (kotak suara), esofagus, usus besar, rektum, hati, dan payudara yang semua memiliki hubungan erat dengan alkohol.

Para peneliti juga menggunakan pilihan data penjualan alkohol, produksi, pajak, dan konsumsi untuk memperkirakan jumlah alkohol yang diminum per hari di negara-negara di seluruh dunia pada 2010. Ini menggambarkan efek dalam satu dekade untuk kemungkinan munculnya kasus kanker.

Baca juga: MUI Apresiasi Putusan Jokowi Larang Investasi Miras
 

Mereka memperkirakan bahwa 4% (741.300) dari semua kasus baru kanker di seluruh dunia pada 2020 dikaitkan dengan konsumsi alkohol. Laki-laki menyumbang 77% (568.700 kasus) di antara mereka dan perempuan 23%. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat