visitaaponce.com

Alami Radang Tenggorokan Ini Obat yang Ampuh Mengatasinya

Alami Radang Tenggorokan? Ini Obat yang Ampuh Mengatasinya
Radang tenggorokan(Ilustrasi )

OBAT radang tenggorokan penting untuk mencegah infeksi berlanjut pada area kerongkongan Anda.

Umumnya, mereka yang menderita radang tenggorokan akan merasa sakit saata menelan atau mengalami demam sehingga mereka sulit makan.

Radang tenggorokan atau dalam bahasa medis disebut faringitis biasanya sembuh sendiri dalam seminggu tanpa menyebabkan kerusakan.

Ada beberapa Obat radang tenggorokan yang bisa didapat di apotek antara lain:

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Obat anti peradangan ini memang tepat digunkan bagi penderita radang, khususnya di tenggorokan.

Obat ini bekerja dengan menghalangi produksi substansi alami tubuh yang menyebabkan peradangan. Manfaat lainnya adalah membantu mengurangi bengkak, nyeri, atau demam.

Jika Anda mengalami radang pada tenggorokan, konsultasikan dengan dokter mengenai terapi non-obat dan/atau menggunakan obat lain untuk mengobati nyeri Anda.

Baca juga: Obat Ivermectin Hanya untuk Pasien Covid Dalam Uji Klinis

2. Aspirin

Kedua, Aspirin. Obat jenis ini merupakan bentuk olahan senyawa salisin yang terdapat dalam banyak tumbuhan. Senyawa ini memiliki beberapa fungsi, sesuai dosisnya. 

Pada dasarnya, kandungan aspirin juga banyak terdapat pada obat radang tenggorokannyang banyak dijual dengan berbagai merk di pasaran.

Aspirin bekerja menghambat enzim yang memproduksi dan mengatur kerja prostaglandin, sebuah senyawa dalam tubuh yang diproduksi saat terjadi peradangan.

Jadi, semua hal yang melibatkan prostaglandin dapat dicegah oleh aspirin.

Baca juga: Waspadai Infeksi Sinus yang Gejalanya Mirip Flu

3. Methylprednisolone

Ketiga, Methylprednisolone. Obat radang tenggorokan yang satu ini, adalah jenis obat steroid yang menekan sistem kekebalan tubuh (immunosupresan) yang berguna untuk mengurangi gejala peradangan (inflamasi) seperi pembengkakan, nyeri, dan ruam.

Pada umumnya, obat ini digunakan untuk meredakan nyeri dan gejala alergi, namun bisa juga digunakan untuk mengatasi penyakit lainnya seperti asma, penyakit chron, ulseratif kolitis, serta jenis-jenis kanker tertentu.

Baca juga: Obat Radang Sendi Tunjukkan Harapan Bagi Pasien Covid-19 Kritis

4. Naproxen

Keempat, Naproxen. Obat jenis ini adalah obat radang tenggorokan dengan fungsi untuk mengurangi rasa sakit nyeri ketika Anda menelan makanan ke dalam perut.

Naproxen juga ini dikenal sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID). Naproxen bekerja dengan menghambat produksi zat tertentu yang menyebabkan peradangan dalam tubuh. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat