visitaaponce.com

Mind Mapping Contoh, Aplikasi, dan Cara Membuatnya

Mind Mapping: Contoh, Aplikasi, dan Cara Membuatnya
(DOK RUANG GURU)

MIND mapping adalah istilah yang cukup populer terutama di kalangan mahasiswa atau karyawan profesional lainnya. Manfaat mind mapping amat besar terutama dalam menyederhanakan suatu masalah yang kompleks agar lebih mudah dipahami.

Mind mapping bisa dibuat secara manual maupun dengan bantuan aplikasi. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui pembahasan lebih rinci mengenai mind mapping, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Mind Mapping
Sebelumnya apakah Anda memahami pengertian apa itu mind mapping yang sebenarnya.

Nah, mind mapping adalah suatu metode yang biasa dipakai untuk memvisualisasikan suatu konsep dengan bentuk yang lebih sederhana sehingga Anda tentu akan lebih mudah memahaminya.

Tak hanya bermanfaat bagi Anda, mind mapping juga memudahkan orang lain untuk membaca konsep yang telah dibuat.

Hal ini berguna dan biasanya dipakai untuk membuat tulisan, konsep kerja, gambaran target perusahaan serta misi yang digunakan dan lain sebagainya.

Contoh Mind Mapping
Agar lebih memahami apa itu mind mapping, berikut contoh mind mapping yang biasa digunakan, yaitu :

- Persona Mind Mapping
Biasa digunakan untuk menggambarkan kepribadian seseorang. Melalui persona mind mapping, Anda dapat mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri sehingga strategi berikutnya yang akan diambil memiliki kemungkinan berhasil yang lebih besar karena menyesuaikan dengan karakter.

Tak hanya itu, Anda dapat memperbaiki karakter yang mungkin kurang sehingga dampaknya bisa diminimalkan. Beberapa topik yang ditulis dalam persona mind mapping antara lain karakter, visi misi, goal, kelebihan dan kekurangan.

-Brainstorming Mind Mapping
Mind mapping saat brainstorming akan memudahkan Anda dalam mengangkat suatu topik. Letakkan topik utama di tengah lalu buat cabang yang masih memiliki kaitan dengan topik utama. Berikutnya, Anda bisa merealisasikan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengembangkan topik yang akan diangkat.

-Tree Mind Mapping
Sesuai namanya, mind mapping ini memiliki bentuk seperti pohon dengan pokok bahasan yang berada di bagian akar kemudian cabang-cabang pohon yang diisi dengan sub bahasan yang masih berhubungan dengan pokok utama.

Cara Membuat Mind Mapping
Cara membuat mind mapping amat mudah. Pertama-tama tuliskan konsep utama yang menjadi pokok pembahasan. Berikutnya tuliskan pokok bahasan yang masih memiliki hubungan kuat dengan konsep utama.

Setelah selesai, bagi ke dalam ranting sub bahasan yang lebih kecil. Beri ilustrasi terkait strategi tersebut agar otak lebih mudah mengingatnya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam membuat mind mapping Anda bisa melakukan secara manual maupun lewat bantuan aplikasi. Simak yuk beberapa aplikasi mind mapping yang dapat Anda coba di bawah ini.

 

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping

Di era serba canggih seperti saat ini, banyak kegiatan yang dapat dilakukan lewat gadget yang memudahkan kita dalam mencari atau mendapatkan yang kita inginkan. Mulai dari aplikasi belanja online, penyedia jasa ojek online, jasa bimbel online, bahkan ada aplikasi pembuatan mind mapping online lho. Berikut beberapa aplikasi terkait pembuatan mind map yang bisa Anda coba. 

-SimpleMind
Adalah aplikasi mind mapping yang cukup populer dengan beragam kelebihan. Selain mudah digunakan karena pengguna hanya perlu menuliskan ide lalu mendesainnya menjadi lebih menarik, SimpleMind juga mempunyai fitur untuk menyisipkan gambar, video, voice recorder.

-MindMeister
Aplikasi mind mapping selanjutnya yang bisa Anda coba ialah MindMeister. Setidaknya sudah lebih dari 13 juta orang yang menggunakan alat ini untuk melakukan brainstorming ide, rencana mingguan hingga membuat karya kreatif lainnya.

Aplikasi ini cocok bagi Anda terutama yang bekerja secara kelompok karena MindMeister memiliki fitur yang membantu Anda membagikan hasil kerja dengan orang lain. Aplikasi ini juga menyediakan fitur chat serta komentar.

-XMind
XMind memudahkan Anda melakukan mind mapping dan brainstorming ide karena dilengkapi banyak fitur. Tak hanya menemukan ide, XMind juga memberikan Anda kebebasan dalam berkreasi dengan beragam desain chart seperti matrix, timeline, organizational chart hingga fishbone chart.

-Ayoa
Aplikasi mind mapping berikutnya yang layak Anda coba adalah Ayoa. Ayoa diciptakan oleh Chris Griffiths yang merupakan pakar mind mapping dengan pengalaman selama belasan tahun.

Lewat Ayoa, pengguna bisa menulis ide secara langsung dan bisa mengelolanya sejak awal hingga akhir. Ayoa memiliki berbagai keunggulan seperti pembuatan ide dengan cepat, melakukan kustomisasi font, warna hingga format yang menarik.


Nah, itulah pembahasan terkait mind mapping yang bisa Anda jadikan cara untuk meningkatkan produktivitas lewat kreativitas. (RO/OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat