visitaaponce.com

Surat Rekomendasi Menko PMK Dorong Penetapan SNI di Perangkat Digital

Surat Rekomendasi Menko PMK Dorong Penetapan SNI di Perangkat Digital
Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara.(DOK IST)

MENTERI Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi menerbitkan surat rekomendasi kepada Menkominfo untuk mendorong pemanfaatan hasil digitalisasi aksara Jawa, Bali, dan Sunda dengan memfasilitasi penerapannya dalam perangkat digital yang beredar di Indonesia. 

Muhadjird menilai tindak lanjut tersebut selaras dengan program pengembangan, pembinaan, dan pelindungan Bahasa Indonesia, bahasa dan aksara daerah serta sastra.

Didik Suhardi selaku Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga, Kementerian Koordinator PMK menyatakan bahwa digitalisasi aksara nusantara merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam pelindungan bahasa, aksara, dan sastra daerah sebagaimana diatur dalam UU 24/2009 dan PP 57/2014.

Oleh karena itu, upaya tersebut perlu didukung oleh semua pihak. "Sebagaimana arahan Menko PMK, diharapkan Kemenkominfo dapat memfasilitasi penerapan SNI Aksara Nusantara ini dalam perangkat digital yang akan digunakan di Indonesia," ujar Didik dalam keterangan resmi yang diterima pada Minggu (26/12).

Mendengar hal tersebut, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) dan para pegiat Aksara Nusantara mengaku sangat antusias dan senang karena mendapat dukungan dari pemerintah.

Baca juga: Pendidikan Harus Hasilkan SDM Sesuai Kebutuhan Zaman

Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Kerjasama, dan Pemasaran Pandi heru Nugroho yang juga Ketua Tim Konseptor Perancangan SNI Aksara Nusantara, mengungkapkan kegembiraannya atas rekomendasi surat tersebut.

"Saya mewakili PANDI dan teman-teman Pegiat Aksara Nusantara sangat bahagia dan haru mendengar hal tersebut. Ini menjadi momentum yang baik bagi digitalisasi Aksara Nusantara. Semoga kedepannya Aksara Nusantara bisa diimplementasikan kedalam perangkat digital, sehingga akses penggunaannya akan lebih mudah digunakan," kata Heru.

Sudarto HS, salah satu Pegiat Aksara Nusantara yang juga merupakan bagian dari team pengusung Digitisasi Aksara Jawa ke UNICODE pada 2007, juga menyambut gembira kabar tersebut.

"Semoga rekomendasi Menko PMK tersebut bisa segera ditindaklanjuti untuk diimplementasikan oleh industri. Misalnya pemberitahuan ke Microsoft, Bahasa dan Aksara yang di Windows diperbarui atau di standarkan sesuai dengan Aksara Nusantara SNI," kata dia.

"Sepertinya Microsoft selain untuk Jawa yang sudah aktif, juga bersedia memasukkan tabel bahasa lain seperti Bali, Sunda, Batak, dan Aksara Nusantara lain yang belum aktif pada komputer saya," kata Sudarto. (R-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat