visitaaponce.com

70 Kasus Hepatitis Akut Ditemukan di 21 Provinsi

70 Kasus Hepatitis Akut Ditemukan di 21 Provinsi
Ilustrasi(Antara)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menemukan 70 kasus dugaan hepatitis akut per Kamis (23/6). Temuan itu tersebar di 21 provinsi.

"Dari 70 kasus dugaan ini ada 16 probable, 14 pending, dan 40 discarded," kata juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/6)

Syahril menjelaskan 40 pasien yang berstatus discarded. Status itu artinya penyebab penyakit pasien sudah diketahui dan bukan dalam kelompok hepatitis yang masuk dalam dugaan ini.

"Artinya sudah ada 57,1 persen pasien karena diketahui penyebabnya. Sehingga kita saat ini sedang menginvestigasi, meneliti sebanyak 30 kasus (sisanya)," jelas Syahril.

Sebanyak 40 pasien discarded atau sempat terdiagnosis hepatitis tersebut meliputi, 15 pasien didiagnosis dengue; 6 pasien didiagnosis sepsis; 5 pasien didiagnosis bacterial infection serta pasien yang didiagnosis hep a reaktif, drug-induced hepatitis, dan kelainan jantung masing-masing 3 orang.

Selanjutnya, pasien didiagnosis kolestasis suap atresia billier dan leukimia masing-masing 2 orang. Kemudian, satu pasien didiagnosis neonatal kolestasis. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat