visitaaponce.com

Jadikan Pancasila Sebagai Landasan Bermedia Digital

Jadikan Pancasila Sebagai Landasan Bermedia Digital
Ilustrasi(Unsplash.com)

Kemajuan teknologi informasi menghadirkan tantangan budaya digital. Sekarang ini wawasan kebangsaan mulai mengabur. Banyak orang tidak tahu lagu-lagu nasional Indonesia, seperti Maju Tak Gentar dan Indonesia Tanah Air Beta.

Di sisi lain, budaya Indonesia seakan menghilang karena media digital menjadi panggung budaya asing. Padahal budaya Indonesia memiliki nilai-nilai etika yang berlandaskan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. “Kalau kita orang Indonesia, insya allah nilai-nilai etika kita dilandasi nilai Pancasila. Kalau kita sudah lupa budaya Pancasila, kita harus bercermin, sebenarnya kita pakai budaya apa. Etika adalah hal-hal yang ditanamkan sejak lahir oleh orangtua, keluarga, guru-guru,” kata Relawan TIK-G Coach Pro, Eko Sugiono di Kediri, Jawa Timur, Rabu (13/7).

Dalam ruang digital, setiap orang berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang dengan beragam budaya. Interaksi antar budaya dapat menciptakan standar baru tentang etika. Sehingga banyak orang melupakan nilai-nilai budaya asli Indonesia.

Nilai-nilai dalam Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sudah sedemikian bagus. Masyarakat harus menjadikannya sebagai landasan kecakapan digital dalam kehidupan berbudaya, berbangsa, dan bernegara.
“Jangan sampai ketika kita di social media berubah budayanya. Kita membuat budaya sendiri. Indonesia yang asli berbeda dengan Indonesia metaverse. Akhirnya kita membuat dasar-dasar sendiri, padahal seharusnya sama,” kata Eko. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat