visitaaponce.com

Yuk, Kenalan dengan 6 Unsur Utama dalam Tari

Yuk, Kenalan dengan 6 Unsur Utama dalam Tari
Ilustrasi penampilan maestro tari Didik Ninik Thowok(ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

TARIAN Indonesia mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman suku dan budaya Tanah Air. Terdapat lebih dari 700 suku bangsa di Indonesia, hal ini dapat terlihat dari akar budaya bangsa Austronesia dan Melanesia, dipengaruhi oleh berbagai budaya dari negeri tetangga di Asia bahkan pengaruh barat yang diserap melalui kolonialisasi.

Baca juga: Tari Melinting akan Tampil di Istana Negara pada HUT RI

Nah, bicara soal tarian, tahu kah kamu jika tarian yang bagus dan memiliki ciri khas punya unsur utama? Yuk simak berikut penjelasan terkait unsur utama dalam seni tari

Unsur Utama dalam Tari

1. Wiraga (Raga)

Unsur utama dalam tari adalah Wiraga. Unsur ini dalam bahasa Jawa adalah raga, bermakna gerakan tubuh yang dinamis, ritmis dan memiliki unsur keindahan atau estetis. Gerak harus ditonjolkan dalam sebuah tarian. Gerakan dalam tari terbagi menjadi dua, yaitu gerak murni dan gerak maknawi. 

Gerak murni adalah gerakan yang tidak memiliki tujuan tertentu. Sedangkan gerak maknawi adalah gerakan yang memiliki makna atau maksud yang mendalam.

Seni tari tidak akan bermakna tanpa gerakan, karena gerakan adalah komponen penting yang harus ada. Ketika penonton melihat gerakan penari dalam pertunjukan, mereka dapat menebak karakteristik dan watak peran penari. Contoh wiraga adalah ketika penari wanita memutarkan pergelangan tangannya bermakna keluwesan atau kelembutan. Jika berkacak pinggang memiliki arti kekuasaan dalam karakter penari pria. 

2. Wirama (Irama)

Wirama adalah irama musik yang akan melengkapi sebuah gerakan. Dengan adanya irama musik yang mengiringi penari, gerakan akan lebih bermakna dan tercipta harmonisasi sekaligus keindahan pertunjukan tari. 

Ketukan tempo dalam irama juga dapat digunakan sebagai tanda kapan penari harus mengganti gerakan atau berhenti. Bentuk iringan irama bisa merupakan rekaman musik, kemudian dari instrumen musiknya langsung seperti kecapi, seruling, tepukan tangan, hentakkan kaki dan nyanyian.

3. Wirasa (Rasa)

Unsur utama dalam tari yang ketiga yaitu wirasa. Wirasa adalah kemampuan seorang penari dalam menghayati dan menyampaikan perasaan kepada penonton lewat ekspresi wajah dan gerakan.

Pendalaman karakter penari penting agar karakter yang terbangun dapat diekspresikan dengan mimik wajah yang selaras. Unsur wirasa tidak dapat dipisahkan dari wiraga dan wirama. Wirasa bertujuan untuk memperkuat karakter, keindahan dan pertunjukan tari.

Tanpa adanya wirasa dalam seni tari, pesan dan makna tarian tidak tersalurkan kepada penonton.

4. Wirupa (Ekspresi)

Wirupa adalah kemampuan yang dimiliki seorang penari dalam mengekpresikan tarian melalui mimik wajah dan pendalaman karakter. Wirupa sama pentingnya seperti wiraga, wirama, dan wirasa, agar penonton dapat memahami apa yang ingin disampaikan oleh penari.

5. Ruang

Pada seni tari, unsur ruang dibagi menjadi dua, ruang sebagai tempat pentas dan ruang yang diciptakan oleh penari. Ruang sebagai tempat pentas adalah tempat penari melakukan gerakan atau arena yang dilalui ketika membawakan tarian. Ruang pentas ini dapat berupa arena dan panggung bingkai (proscenium) atau tempat pertunjukan lainnya.

Sementara itu, ruang yang diciptakan penari ketika membawakan tarian adalah ruang yang disesuaikan dengan volume gerak tubuh. Gerak yang besar tentu memerlukan ruang yang besar, begitupun sebaliknya.

6. Waktu

Unsur waktu dalam tari berkaitan dengan ritme atau irama gerak yang dibawakan. Selain itu, unsur waktu juga mampu memberikan napas pada tarian sehingga tampak lebih hidup dan dinamis.

Unsur utama tari yang satu ini sangat tergantung olehcepat lambatnya tempo penari ketika melakukan gerak dan panjang pendeknya ketukan atau ritme dalam melakukan gerak serta durasi penari dalam melakukan gerak.

Nah, itu dia 6 unsur utama dalam tarian yang perlu kalian ketahui, semoga bermanfaat!.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat