visitaaponce.com

Asmaul Husna Allah Al-Baari Wujudkan Makhluk Rancangan Al-Khaliq

Asmaul Husna: Allah Al-Baari Wujudkan Makhluk Rancangan Al-Khaliq
Tulisan arab Al-Baari'.(DOK @limofficial_lirboyo di Instagram.)

TERKAIT penciptaan makhluk, Allah memiliki asmaul husna Al-Khaliq, Al-Baari', dan Al-Mushawwir. Kita sudah memahami Al-Khaliq, kini kami akan membahas Al-Baari'.

Apa perbedaan Al-Baari' dengan Al-Khaliq dan Al-Mushawwir? Berikut penjelasannya sebagaimana dilansir dari @limofficial_lirboyo di Instagram.

Makna Al-Baari'

Dilansir dari @limofficial_lirboyo di Instagram, Al-Baari' berasal dari lafaz ba-ra-a yang berarti secara bahasa serupa dengan khalaqa, yakni menciptakan. Namun bukan berarti Al-Baari' sama dengan Al-Khaliq, meski sama-sama asma Allah subhanahu wa taala yang berkaitan dengan proses penciptaan.

Baca juga: Asmaul Husna Allah Al-Khaliq Maha Menciptakan Sesuatu yang belum Ada

Telah dibahas sebelumnya bahwa dalam menciptakan makhluk Allah subhanahu wa taala bertindak selaku Al-Khaliq, Al-Baari', sekaligus Al-Mushawwir. Hubungan antara keduanya sebagai Al-Khaliq, Allah subhanahu wa taala membuat rancangan umum sesuatu yang akan diciptakan. Sebagai Al-Baari', ia melaksanakan penciptaan sesuatu berdasarkan rancangan umum tersebut.

Yang Maha Melaksanakan

Bila Al-Khaliq disebut Yang Maha Menciptakan, bolehlah Al-Baari' disebut sebagai Yang Maha Melaksanakan. Misalnya dalam penciptaan manusia. Al-Khaliq membuat rancangan umum seperti bentuk manusia. Al-Baari' menciptakan manusia berdasarkan rancangan umum tersebut. 

Baca juga: Asmaul Husna: Allah Al-Mutakabbir Zat yang Boleh Miliki Kesombongan

Bila boleh diibaratkan Al-Khaliq ialah arsitek. Sedangkan Al-Baari' ialah tukang.

Untuk Al-Mushawwir tunggu pembahasan selanjutnya. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami. (OL-14)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat