visitaaponce.com

Asmaul Husna Allah Al-Baits Membangkitkan Semua Manusia yang Mati

Asmaul Husna Allah Al-Baits Membangkitkan Semua Manusia yang Mati
Tulisan Arab Al-Ba'its.(DOK Instagram.)

ORANG beriman pasti meyakini hari kebangkitan atau seluruh manusia dibangkitkan pada yaum al-ba'ats dari alam kubur mereka. Karenanya, salh satu asmaul husna atau nama-nama terindah Allah yaitu Al-Ba'its atau Zat yang Membangkitkan.

Mari kita pahami asmaul husna Al-Ba'its. Dengan demikian kita dapat mengenal Allah yang akan membangkitkan semua manusia dari alam barzakh.

Allah Al-Ba'its

Melansir @limofficial_lirboyo di Instagram, dalam kitab Maqshad al-Asna karya Imam Al-Ghazali dijelaskan bahwa Al-Baits ialah Zat yang menghidupkan seluruh manusia di hari kebangkitan, membangunkan manusia di alam kubur, dan menampakkan yang ada di dalam diri manusia pastinya amal perbuatan selama hidup. Ironi sekali, ketika menganggap kematian hanyalah ketiadaan tanpa mempertimbangkan yang  akan terjadi setelah kematian. 

Baca juga: Ingin Dapat Jodoh tapi Sulit Meraihnya? KH Chalwani Ungkap Zikirnya

Padahal ketika manusia mengalami kematian dan kemudian berpindah ke alam kubur, ada kalanya alam kubur menjadi halaman surga bagi mereka yang punya amal baik dan menjadi bagian setetes neraka bagi mereka yang banyak bermandikan dosa. Pada hakikatnya pembangkitan ialah menghidupkan yang telah meninggal ke dalam bentuk penghidupan yang lain.

Hikmah Al-Ba'its

Lantas apa hikmah yang bisa kita ambil dari Al-Ba'its? Dalam redaksi Al-Qur'an dijelaskan bahwa bodoh diartikan sebagai mati dan tahu diartikan sebagai hidup. 

Baca juga: Asmaul Husna Allah Al-Majid Himpun Makna Al-Jalil, Al-Wahhab, Al-Karim

Maknanya, seseorang yang punya pengetahuan yang lebih lalu menyebarkan ilmunya berarti menjadikan orang lain bangkit dan terlahir kembali dengan kehidupan yang lebih baik. Karena itu, ia akan mendapatkan hidup mulia dan mendapatkan rida Allah Subhanahu wa ta'ala. Begitu pula sebaliknya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat