visitaaponce.com

Asmaul Husna Allah Al-Mutakabbir Zat yang Boleh Miliki Kesombongan

Asmaul Husna: Allah Al-Mutakabbir Zat yang Boleh Miliki Kesombongan
Tulisan arab Al-Mutakabbir.(DOK Instagram.)

SOMBONG berarti merasa lebih agung, lebih besar, lebih mulia daripada orang lain. Cobalah buka kitab-kitab yang menerangkan akhlak. Kita akan menjumpai bahwa sombong termasuk akhlak yang tercela.

Namun tentu saja ada pengecualian. Kita sebagai makhluk diharamkan untuk sombong kecuali Allah subhanahu wa ta'ala. Kenapa?

Makna Al-Mutakabbir

Hanyalah Allah subhanahu wa ta'ala Zat yang diperkenankan sombong. Di antara asma-Nya yang berlimpah (asmaul husna) terdapat Al-Mutakabbir atau Zat Pemilik Kesombongan. Demikian dilansir dari @limofficial_lirboyo di Instagram.

Baca juga: Asmaul Husna: Allah Al-Jabbar Maha Memaksa Kehendak kepada Makhluk

Bagaikan tuan memandang budaknya, begitulah Allah subhanahu wa ta'ala memandang segala sesuatu selain-Nya. Allah subhanahu wa taala tak melihat ada kebesaran dan keagungan bersemayam, melainkan hanya pada Zat-Nya. Segalanya rendah, hina, dan tak berguna di hadapan-Nya.

Begitulah satu-satunya takabur yang bisa dibenarkan. Sebaliknya takabur menjadi sangat salah bisa dimiliki selain Allah subhanahu wa taala.

Iblis diusir

Kita pasti ingat alasan Iblis diusir dari kerajaan surga. Apakah karena ia malas melakukan ibadah? Bukan. Iblis diusir karena ia makhluk yang berasal dari api dan merasa lebih mulia daripada Adam, ciptaan yang terbuat dari tanah.

Baca juga: Asmaul Husna: Allah Al-Aziz Maha Perkasa Mencakup Tiga Aspek

Dalam kitab Sya'nu Ad-Du'a, Al Hafiz Al Kitabi berkata, "Tak seorang pun dari makhluk yang layak sombong karena karakteristik hamba yakni tunduk dan merasa rendah."

Coba kita bayangkan betapa lucu tukang parkir yang menyombongkan mobil atau sepeda motor mewah seolah-olah itu miliknya. Padahal itu semua sekadar dititipkan kepadanya untuk kemudian diambil kembali oleh pemiliknya.

Jadi jelas ya Allah saja yang boleh sombong, kita tidak. Kalau kita sombong, apa yang mau kita sombongkan?Prestasi? Harta? Jabatan? Bukankah itu cuma titipan yang hakikatnya milik Allah. (OL-14)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat