visitaaponce.com

Asmaul Husna Allah Al-Aziz Maha Perkasa Mencakup Tiga Aspek

Asmaul Husna: Allah Al-Aziz Maha Perkasa Mencakup Tiga Aspek
Tulisan arab Al-Aziz.(DOK Instagram @limofficial_lirboyo.)

DALAM pembahasan asmaul husna kali ini, kita akan membahas tentang Al-Aziz. Ini merupakan salah satu nama terindah Allah yang menunjukkan keperkasaan dan kemuliaan-Nya.

Al-Aziz berarti Yang Maha Perkasa atau Yang Maha Mulia. Sifat Maha Perkasa Allah itu mesti mencakup tiga aspek. Apa saja itu?

Tiga aspek Maha Perkasa

Kemahaperkasaan Allah mencakup tiga aspek. Pertama, zat yang penting dan tiada bandingannya. Kedua, zat yang sangat dibutuhkan. Ketiga, zat yang sangat sulit dicapai.

Baca juga: Asmaul Husna: Allah Al-Muhaimin Pemelihara Pengatur Semua Makhluk

Hanya Allah yang memenuhi ketiga aspek. Matahari, misalnya, ia penting dan tiada bandingannya, besar manfaatnya, dan sangat dibutuhkan. Namun, matahari tidak bisa disebut Al-Aziz, sebab tidaklah sulit untuk melihat matahari. 

Sedangkan Allah jelas-jelas tak ada bandingannya. Allah pun dibutuhkan oleh segala sesuatu. Mustahil untuk memahami Allah secara sempurna. Ini karena pada dasarnya yang paling memahami Allah ialah Allah sendiri.

Baca juga: Asmaul Husna Allah Al-Quddus Suci dari Bentukan Pikiran Manusia

Manusia dapat disebut Al-Aziz

Al-Aziz dapat pula digunakan untuk menyifati manusia. Yang pasti pengertiannya berbeda dengan penjelasan yang di atas.

Manusia bisa disebut aziz jika dia dibutuhkan oleh makhluk Allah selainnya dalam urusan-urusan yang sangat penting, yakni urusan akhirat. Sangat sedikit sekali manusia yang mencapai derajat ini karena ini derajat para nabi. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat