visitaaponce.com

Asmaul Husna Allah Al-Muhaimin Pemelihara Pengatur Semua Makhluk

Asmaul Husna: Allah Al-Muhaimin Pemelihara Pengatur Semua Makhluk
Tulisan arab Al-Muhaimin.(DOK Instagram @limofficial_lirboyo.)

KITA boleh berusaha tetapi soal hasil bukan kita penentunya. Kata orang, "Segalanya sudah ada yang mengatur."

Siapakah yang mengatur segalanya itu? Siapa lagi kalau bukan Allah subhanahu wa ta'ala? Dialah pemilik salah satu nama terindah atau asmaul husna yaitu Al-Muhaimin. 

Apa itu Al-Muhaimin? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Asmaul Husna: Allah Al-Mukmin yang Memberikan Keamanan Sejati

Al-Muhaimin

Allah subhanahu wa ta'ala ialah Al-Muhaimin atau Zat Yang Maha Memelihara seluruh makhluk. Itu sebabnya amal perbuatan kita, rezeki kita (termasuk jodoh), bahkan kematian kita sekali pun sudah diatur oleh Dia.

Ibarat hewan peliharaan, makan, minum, hingga tempat tinggalnya sudah diatur oleh majikannya. Begitu pula kita. Kita hanyalah sekadar peliharaan-Nya. Jadi segala urusan kita sudah diatur oleh Dia. Hanya kita sering merasa seolah-olah kitalah yang mengatur sendiri urusan kita masing masing.

Baca juga: Keutamaan Nama Allah Dibandingkan dengan Asmaul Husna yang Lain

Cara Allah memelihara kita

Imam Al-Ghazali menjelaskan dalam Al-maqshad Al-Asna bahwa Allah subhanahu wa ta'ala memelihara seluruh makhluk-Nya dengan mengawasi, menguasai, sekaligus menjaga mereka semua. Beliau memberi penjelasan lebih lanjut bahwa Allah subhanahu wa ta'ala mengawasi seluruh makhluk dengan sifat ilmu yang dimiliki-Nya sehingga tak ada satu pun makhluk yang luput dari pengawasan-Nya.

Sedangkan Allah subhanahu wa ta'ala menguasai seluruh makhluk dengan sifat kuasa-Nya. Melalui tindakan-Nya (af'al), Allah subhanahu wa ta'ala menjaga mereka semua. Hanya Allah subhanahu wa ta'ala yang mampu mengumpulkan ketiga aspek tersebut secara sempurna. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat