visitaaponce.com

Sejarah Kitab Zabur yang Diturunkan kepada Nabi Daud

Sejarah Kitab Zabur yang Diturunkan kepada Nabi Daud
Ilustrasi.(DOK MI.)

KITAB Zabur dalam sejarahnya sangatlah penting untuk kita ketahui dan pelajari untuk semakin menguatkan rukun iman ketiga dalam Islam yaitu mengimani kitab-kitab Allah. Kitab Zabur atau زبور disamakan oleh sebagian ulama dengan Mazmur, yang menurut agama Islam, ialah salah satu kitab suci yang diturunkan sebelum kitab Al-Qur'an (selain kitab Taurat dan kitab Injil).

Istilah zabur berasal dari kata Ibrani, zimra, bermaksud lagu atau musik. Ia, bersama dengan zamir (lagu) dan mizmor (mazmur atau psalm) merupakan derivasi zamar berarti nyanyi, nyanyikan pujian, buatkan musik.

Dikutip dari buku Pengantar Ilmu Tauhid karya A. Muzammil Alfan Nasrullah (2019: 45), kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud alaihis salam (AS) di Yerusalem atau Israel sekitar abad ke-10 sebelum Masehi dalam bahasa tulisan Nabi Daud sendiri yaitu Qibty. Sejarah turunnya kitab Zabur terjadi setelah Nabi Daud mampu membunuh Jalut. Jalut (Goliath) yaitu seorang pria sombong yang tak mengimani Allah. 

Ketika masih muda, Daud menyertai tentara Bani Israil di bawah pimpinan Raja Thalut melawan bangsa Filistin yang dipimpin oleh Jalut alias Goliath. 

Suatu hari Daud mengasingkan diri sekaligus bertaubat pada Allah. Dalam pengasingannya, Daud memperbanyak lisannya untuk memuliakan Allah dengan bertasbih. Lalu, dia diangkat sebagai nabi dan diturunkan padanya kitab Zabur dari Allah. 

Peristiwa ini diterangkan dalam surah Al-Baqarah ayat 250-251. Allah berfirman, "Tatkala Jalut dan tentaranya telah tampak oleh mereka, mereka pun (Thalut dan tentaranya) berdoa, 'Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.' Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Namun Allah punya karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam."

Pokok ajaran kitab Zabur

Pokok ajaran dari kitab Zabur berisi tentang zikir, nasihat, dan hikmah tanpa memuat hukum-hukum syariat. Menurut orang-orang Yahudi dan Nasrani, kitab Zabur sekarang terdapat dalam kitab perjanjian lama (mazmur) dan terdiri dari 150 pasal. Kitab Zabur merupakan perintah bagi umat Nabi Daud agar bertauhid kepada Allah SWT. Secara lengkapnya berikut isi pokok ajaran dari kitab Zabur:

1. Pujian dan penghormatan kepada kemuliaan Allah SWT beserta sifat-sifatnya;
2. Nasihat-nasihat kebaikan;
3. Kisah para nabi dan rasul yang akan datang;
4. Kisah tentang umat atau kaum terdahulu;
5. Ungkapan hidup Nabi Daud AS;
6. Permohonan ampun kepada Allah yang diungkapkan Nabi Daud atas dosanya;
7. Suka cita yang dirasakan Nabi Daud AS setelah meraih kemenangan atas musuh;
8. Zikir dan doa.

Nah, demikian penjelasan tentang sejarah dari kitab Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud. Semoga bermanfaat. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat