visitaaponce.com

Peringatan Hari Media Sosial Sejarah, Tujuan, dan Jenis

Peringatan Hari Media Sosial: Sejarah, Tujuan, dan Jenis
Ilustrasi - Setiap tanggal 10 Juni diperingati sebagai Hari Media Sosial di Indonesia, yang pertama kali diinisiasi Handi Irawan tahun 2015.(Freepik)

Setiap tanggal 10 Juni, diperingati sebagai Hari Media Sosial. Peringatan ini telah diadakan sejak tahun 2015 mengingat media sosial telah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat.

Media sosial adalah alat komunikasi dan pemasaran yang memungkinkan orang berbagi pemikiran, ide, dan pengalaman dengan orang lain. Media elektronik ini memungkinkan pengguna untuk membuat konten dan membagikannya kepada publik.

Yuk pahami lebih lanjut tentang media sosial.

Baca juga : Polisi Tangkap Tujuh Tersangka Tawuran Antarkelompok di Pati

Peringatan Hari Media Sosial di Indonesia pertama kali dimulai Handi Irawan, seorang pengusaha sukses sekaligus pemilik Frontier Group asal Solo, Jawa Tengah.

Handi Irawan dikenal sebagai pembicara terbaik berdasarkan konten dan pengetahuan. Sebelumnya juga meraih Top Brand Award tentang Indonesian Marketing Day dan Hari Pelanggan Nasional.

Ia menggagas Hari Media Sosial agar masyarakat Indonesia perlu meningkatkan kesadaran dan pendidikan mereka tentang penggunaan media sosial. Tujuannya memastikanke depan pemanfaatan tersebut dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi individu, masyarakat, dan pelaku ekonomi.

Baca juga : Sejarah Peristiwa dan Keutamaan 10 Hari Pertama pada Zulhijah

Hari Media Sosial pada tanggal 10 Juni dirayakan dengan menyebarkan segala kabar baik di semua akun media sosial. Saat memposting, pengguna internet bisa mengunggah kutipan, cerita inspiratif, bahkan ajakan bertindak untuk meningkatkan kehidupan lebih baik.

Sementara itu, para pebisnis dapat memanfaatkan hari media sosial sebagai kesempatan untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pelanggannya. Pemangku kepentingan bisnis juga dapat menggunakan penawaran menarik dan ajakan sederhana untuk memotivasi pelanggan dan pengikutnya agar selalu melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi sesama.

Sejarah Media Sosial

Media Sosial muncul pertama kali pada 24 Mei 1844. Media sosial awalnya terdiri dari sekumpulan titik dan garis elektronik yang diketik pada mesin telegraf.

Baca juga : Komnas KIPI: Tidak Ada Istilah Medis Detoksifikasi Vaksin Covid-19

Akar komunikasi digital, dan asal muasal Internet modern serta pemahaman terkini tentang media sosial, dimulai dengan munculnya Advanced Research Projects Agency Network (Arpanet) tahun 1969. Jaringan digital tersebut dibuat Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) untuk menghubungkan ilmuwan dari empat universitas untuk saling berbagi perangkat lunak, perangkat keras, dan data lainnya.

Kemudian, pada 1987, National Science Foundation meluncurkan NSFNET sebuh jaringan digital nasional yang lebih kuat. Sepuluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1997, National Science Foundation memperkenalkan platform media sosial pertama kepada publik.
 
Selanjutnya tahun 2002, layanan jejaring sosial yang berasal dari media sosial bernama LinkedIn berhasil menarik perhatian banyak pengguna. Media sosial ini diciptakan untuk para pekerja dewasa yang sedang mengembangkan karirnya.

Setelah itu, pada 2008, media sosial lainnya kalah dari Facebook dan Google, raksasa dunia internet, pun mencoba meluncurkan media sosial tahun 2012 dengan nama Google+. Namun media sosial tersebut tidak bertahan lama setelah diumumkan  sekitar 500.000 pengguna mengalami pelanggaran keamanan data.

Baca juga : Konten Pornografi, Kemenkominfo akan Kirim Surat ke X 

 
Tujuan Media Sosial

Media sosial memainkan peran penting dalam pembuatan dan berbagi konten. Namun lebih dari itu, platform media sosial bertujuan untuk mencapai maksud dan tujuan inti mereka bagi bisnis dan merek yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk memasarkan merek mereka. Berikut tujuan lain dari media sosial:

 1. Mendidik Masyarakat

Salah satu tujuan terpenting dari alat media apa pun adalah mengambil inisiatif untuk mendidik masyarakat kita secara keseluruhan, membangun masyarakat kita, dan menyebarkan kesadaran. 

2. Sebagai Sarana Komunikasi

Media sosial pada awalnya fokus pada penciptaan ekosistem komunikasi yang baik bagi penggunanya. Namun seiring  berkembangnya internet dan teknologi, media sosial menjadi lebih dari sekedar komunikasi. 

Setelah itu, kini media sosial telah menjadi dunia kedua tempat orang-orang dari seluruh dunia dapat bertemu dan berinteraksi, sertq telah berhasil menjalin komunikasi tanpa batasan waktu dan geografis.

3. Tempat Usaha

Tujuan media sosial juga bisa untuk melakukan usaha atau bisnis. Setelah sukses dalam menyediakan komunikasi, media sosial perlahan berkembang sehingga memungkinkan setiap penggunanya  membangun bisnis secara online.

Sejak media sosial buka 24 jam, terbukti sangat memudahkan penggunanya membangun bisnis online. Hal ini diyakini mempunyai potensi besar untuk menjangkau lebih banyak orang dibandingkan perusahaan yang hanya mengandalkan dunia nyata.

Jenis Media Sosial

Ada banyak jenis media sosial, namun yang paling populer adalah Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, dan Discord. Setiap situs web memiliki fitur unik, namun masing-masing menawarkan cara baru untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia. 

1. Facebook

Facebook adalah media sosial untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan kenalan. Anda dapat memposting foto dan video, berbagi artikel dan situs web, bergabung dengan grup, dan mengobrol dengan orang lain.

Anda juga dapat mempelajari tentang peristiwa  di daerah Anda. Banyak orang menggunakan Facebook sebagai buku harian online, memposting pemikiran dan perasaan mereka secara rutin. Beberapa orang menggunakannya sebagai platform untuk berbagi pandangan politik dan mempromosikan tujuan yang mereka yakini.

2. Twitter

Twitter adalah media sosial yang memungkinkan penggunanya berbagi dan melihat konten berdurasi pendek. Ini adalah umpan berita online tempat pengguna dapat memposting pemikiran dan opini mereka tentang berbagai topik termasuk hiburan, olahraga, politik, dan banyak lagi.

Twitter telah menjadi media populer bagi para pengguna karena dapat menggunakan hashtag (#) untuk berinteraksi dengan pelanggan secara real time. Hashtag digunakan untuk mengkategorikan tweet berdasarkan topik yang sedang trending di Twitter pada waktu tertentu.

3. Instagram

Instagram membantu Anda berbagi kehidupan melalui gambar dan video yang dapat Anda bagikan dengan teman, keluarga, dan bahkan orang asing di seluruh dunia. Instagram juga merupakan media yang baik untuk bisnis karena membantu mereka berhubungan dengan calon pelanggan dan klien  dengan cara yang menarik.

Anda juga dapat menggunakan Instagram untuk tujuan pemasaran. Anda juga dapat mengadakan kontes atau membagikan kupon untuk mendorong orang mengunjungi situs web Anda atau berbelanja di toko Anda.

4. Linkedin

LinkedIn adalah salah satu platform media sosial paling populer untuk jaringan profesional dan pencarian pekerjaan. Ini adalah tempat untuk terhubung dengan orang-orang di industri, mencari pekerjaan baru, dan bahkan mendapatkan pekerjaan.

Di sini Anda bisa menjalin jaringan dengan profesional lain untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengalaman mereka dan membangun karier Anda sendiri. Situs ini juga memiliki bagian Grup Aktif di mana pengguna dapat bergabung dengan grup berdasarkan minat dan lokasi mereka.

5. Discord

Discord memiliki banyak fitur yang bagus untuk bisnis, termasuk saluran pribadi, panggilan audio dan video, serta berbagi layar. Anda juga dapat mengirim pesan ke beberapa orang sekaligus, sehingga cocok untuk tim yang perlu berkomunikasi secara rutin.

Komunitas game memainkan peran besar dalam kebangkitan Discord. Banyak pemain yang memanfaatkan ini untuk terhubung dengan pemain lain yang memiliki minat dan tujuan yang sama. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat