visitaaponce.com

Manfaat dan Risiko Media Sosial serta Cara Bijak Menggunakannya

Manfaat dan Risiko Media Sosial serta Cara Bijak Menggunakannya
Media sosial memiliki banyak manfaat, juga memiliki ancaman yang mengintai. Yuks bijak menggunakan media sosial. (Freepik)

MEDIA sosial telah menjadi bagian penting dan suatu kebiasaan yang tidak terpisahkan dari kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, ide, foto, dan video dengan cepat dan mudah. Namun, media sosial juga memiliki pro dan kontra yang perlu dipertimbangkan.

Salah satu keutungan media sosial adalah kemampuan memperluas jaringan sosial. Media sosial memungkinkan seseorang terhubung dengan teman lama, rekan kerja, bahkan orang-orang dari seluruh dunia. Dengan melakukan hal ini, seseorang dapat memiliki wawasan dan membangun hubungan sosial yang lebih luas.

Selain itu, media sosial juga memungkinkan seseorang untuk mendapatkan informasi secara cepat dan mudah. Dengan mengikuti akun-akun media sosial yang berkaitan dengan topik yang diminati, seseorang dapat selalu update dengan berita terbaru dan perkembangan terkini di berbagai bidang.

Baca juga : Peringatan Hari Media Sosial: Sejarah, Tujuan, dan Jenis

Lebih lanjut, di balik berbagai keuntungan tersebut, media sosial juga memiliki kontra yang perlu diperhatikan. Salah satu kontra dari media sosial adalah potensi adanya penyalahgunaan informasi. 

Banyaknya informasi yang beredar di media sosial, terkadang sulit untuk memastikan kebenaran dari setiap informasi yang diterima. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyebaran berita palsu atau hoaks yang dapat merugikan banyak pihak.

Tak hanya itu, pengguna media sosial juga rentan terhadap cyberbullying dan kejahatan online lainnya. Dengan menyembunyikan identitas atau biasa disebut anonimitas, pengguna seringkali merasa bebas untuk melakukan tindakan-tindakan negatif tanpa rasa tanggung jawab. Hal ini dapat membahayakan kesehatan mental dan emosional seseorang.

Baca juga : Polisi Tangkap Tujuh Tersangka Tawuran Antarkelompok di Pati

Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

Dengan mempertimbangkan berbagai pro dan kontra dari media sosial, penting bagi setiap individu untuk menggunakan media sosial dengan bijak dan bertanggung jawab. Menjaga informasi yang disebarkan dan berinteraksi dengan orang lain secara positif dapat membantu memanfaatkan media sosial secara optimal tanpa menimbulkan dampak negatif. 

Berikut beberapa cara bijak yang dapat dilakukan dalam menggunakan media sosial:

1. Buat Batasan waktu penggunaan

Dalam bermain media sosial, sebaiknya membuat Batasan waktu untuk menghindari kecanduan dan penurunan produktivitas. Waktu yang tepat untuk menggunakan media sosial, seperti saat sedang dalam waktu luang.

Baca juga : Komnas KIPI: Tidak Ada Istilah Medis Detoksifikasi Vaksin Covid-19

2. Jangan mudah percaya terhadap segala sesuatu di media sosial

Di balik pentingnya media sosial sebagai sumber informasi, perlu waspada dan mencari tahu lebih lanjut terkait informasi yang beredar. Pasalnya, informasi yang tersebar di media sosial terkadang bisa berupa berita palsu atau hoaks. Oleh karena itu, pastikan untuk mencari tahu lebih lanjut informasi yang diterima sebelum menyebarkannya.

3. Tidak menyebarkan rahasia pribadi ke publik

Cara bijak lainnya dalam menggunakan media sosial  adalah dengan tidak berbagi rahasia pribadi pada publik. Beberapa orang mungkin tergoda untuk membagikan atau membeberkan rahasia pribadinya di media sosial karena menganggapnya sebagai kebebasan dan haknya.  Faktanya, rahasia pribadi bisa menjadi isu publik dan tidak hanya menimbulkan tontonan tapi juga masalah besar.

4. Menjunjung etika berkomunikasi

Media sosial memungkinkan penggunanya berkomunikasi jarak jauh dengan mudah. Meskipun Anda tidak bertemu langsung, pastikan untuk mengikuti etika komunikasi. Harap menghindari tindakan yang mencemarkan nama baik, merendahkan, melecehkan, atau melanggar hak orang lain.

Baca juga : Konten Pornografi, Kemenkominfo akan Kirim Surat ke X 

5. Tetapkan tujuan sebelum bermedia sosial

Sebelum terjun ke media sosial, pikirkan baik-baik tujuan menggunakan media sosial. Mengidentifikasi tujuan bermain media sosial dapat membantu dalam menemukan platform yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Misalnya, jika ingin menghidupkan kembali persahabatan lama, Facebook atau Instagram mungkin merupakan tempat yang baik untuk memulai. 

Namun, jika mencari hiburan atau mempelajari keterampilan baru, memungkinkan untuk ditemukan di Twitter dan TikTok. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat