visitaaponce.com

Asmaul Husna Allah Al-Mukmin yang Memberikan Keamanan Sejati

Asmaul Husna: Allah Al-Mukmin yang Memberikan Keamanan Sejati
Tulisan arab Al-Mu'min.(DOK Instagram @limofficial_lirboyo.)

KETAKUTAN dan kekhawatiran bukanlah sekadar bumbu hidup, melainkan keniscayaan. Dari penciptaannya, manusia ialah makhluk lemah karena bisa mengalami sakit, lapar, haus, luka, dan sebagainya. Semua itu bisa menimpanya kapan saja.

Ibarat seorang yang ingin bepergian kendaraan, apapun yang dipilihnya tak bisa melepaskannya dari risiko celaka. Naik pesawat bisa jatuh, naik kapal bisa tenggelam, naik mobil atau sepda motor bisa tabrakan. Bahkan berjalan kaki sekali pun tak menjaminnya senantiasa aman.

Demi keamanan berbagai alat pun diciptakan, semisal sabuk pengaman. Namun tetap saja masih ada orang yang celaka meski telah mengenakan sabuk pengaman. Ini menunjukkan bahwa keamanan tidak bisa dijamin oleh sekadar alat.

Baca juga: Asmaul Husna: Allah As-Salam Selamat dari Cacat dan Menyelamatkan

Al-Mu'min

Allah memiliki asmaul husna terkait hal itu ialah Al-Mu'min sebagai Zat Yang Maha Memberi Keamanan kepada semua makhluk-Nya. Bencana betapa pun dahsyatnya tak akan bisa mencelakakan seseorang bila Al-Mu'min menjaganya tetap aman. 

Itu sebabnya Nabi Ibrahim tidak hangus ketika Namrudz melemparnya ke dalam kobaran api yang menyala. Dengan keamanan dari-Nya, api yang menjilati tubuh Nabi Ibrahim menjadi dingin dan tak lagi berbahaya.

Iman dan aman

Lafaz iman memiliki kata dasar yang sama dengan aman. Mengimani Allah subhanahu wa taala tidak cukup dengan mempercayai keberadaan-Nya semata. Mengimani-Nya berarti senantiasa berusaha menghadirkan rasa aman.

Baca juga: Keutamaan Nama Allah Dibandingkan dengan Asmaul Husna yang Lain

Karena itu, aneh rasanya jika seseorang mengaku beriman, tetapi orang-orang yang berada di sekelilingnya justru merasa terancam.

Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda, "Barangsiapa yang mengaku beriman kepada Allah subhanahu wa ta'ala dan hari akhir, hendaklah tetangganya merasa aman dari kejahatannya." (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat