visitaaponce.com

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah Arab, Latin, dan Artinya

KUMANDANG Adzan menjadi pertanda atau panggilan memasuki waktu sholat, untuk umat muslim yang beriman agar segera menjalankan ibadah.

Baik itu muadzin (orang yang bertugas mengumandangkan adzan) ataupun makmum bisa membaca doa setelah adzan latin untuk mendapatkan pahala. 

Adzan merupakan seruan untuk melaksanakan sholat wajib lima waktu. Setelah mendengar seruan adzan kita disunnahkan untuk berdoa.

Baca juga: Tata Cara Doa Menjawab Adzan dan Iqomah

Doa sesudah adzan

Memanjatkan doa berarti memohon pertolongan Allah SWT. dan juga memanjatkan pujian untuk Rasulullah SAW.

Demikian pula ketika membaca doa sebelum dan setelah azan, Anda akan senantiasa mengingat Allah SWT. dan menjalankan segala perintah-Nya.

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah

Tulisan ini akan membahas doa setelah adzan dalam tulisan Arab, Latin berikut artinya.

1. Doa Sesudah Adzan Arab :

اللَّهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ، آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ، اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

2. Doa Sesudah Adzan Latin :

Allahumma Rabba haadzihid-da’watit-taammah, wash-sholaatil-qaa’imah, aati sayyidanaa Muhammadanil-washiilata wal-fadhilah wash-syarafa wad-darajatal-‘aliyatar-rafii’ah, wab’atshu maqaamam-mahmudanil-ladzi wa’adtah, innaka laa tukhliful-mii’aad, yaa Arhamar-Raahimiin.

3. Doa Sesudah Adzan Arti :

“Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang akan didirikan, karuniakanlah junjungan kami nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. Dan tempatkanlah ia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. Wahai dzat yang Maha Penyayang”

Setiap hari kita mendengar seruan sebanyak lima kali. Maka tentu sangat sayang sekali kalau kita meninggalkan hal yang bisa mendatangkan pahala ini. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat