visitaaponce.com

Tata Cara Doa Menjawab Adzan dan Iqomah

Tata Cara Doa Menjawab Adzan dan Iqomah
Seorang warga binaan mengumandangkan adzan Maghrib saat digelar buka puasa bersama warga binaan dengan keluarga mereka di Rutan Kelas IIB De(dok.ant)

BERKUMANDANGNYA adzan merupakan pertanda waktu masuknya shalat. Sekaligus juga merupakan panggilan untuk mengajak umat muslim menunaikan shalat berjamaah.

Cara berdoa untuk menjawab adzan yaitu dengan membacakan :

وإذا سمعت المؤذن فقل مثل ما يقول إلا في الحيعلتين فقل: "لا حول ولا قوة إلا بالله" وفي التثويب صدقت وبررت، فإذا فرغت من جوابه فصل على النبي صلى الله عليه وسلم.

Artinya: "Dan apabila Anda mendengar suara adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin kecuali ketika ia mengucapkan: حَیَّ عَلَی الصَّلاةِ dan .حَیَّ عَلی الفَلٰاحِ Sebagai jawabannya, ucapkanlah لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ. "Lâ haula walâ quwwata illâ billâhi." (Tiada daya dan upaya kecuali dengan Allah).

Selain itu, terdapat bacaan doa yang dapat dipanjatkan oleh umat beragama muslim pada sela waktu antara adzan dan iqomah yaitu dengan membacakan :

للّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِيْ الدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Allahumma innî as-alukal-'âfiyah fid-dunya wal-âkhirah

Artinya: "Ya Allah, aku mohon pada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat"

Setelah membaca doa tersebut, setelah iqomah umat muslim bisa menjawabnya dengan membacakan :

للّٰهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآتِهِ سُؤْلَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
Allahumma Rabba hadzihi ad-da’wati at-tâmmati, wa ash-shalâti al-qâimati, shalli 'ala sayyidina muhammadin wa âtihi su’lahu yaumal qiyâmah

Artinya: "Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, rahmatilah Nabi Muhammad dan berikan padanya permintaannya di hari kiamat."

Dengan membaca berbagai doa tersebut maka pertanda waktu masuknya shalat hingga selesainya iqomah dapat kita respon dengan doa yang tepat yang tentunya sesuai dengan sunnah yang diajarkan. (OL-13)

Baca Juga: Terkait Suara Adzan Menag Seharusnya Mengajak Toleransi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat