visitaaponce.com

Isi Anggaran Biaya dalam Proposal dan Contohnya

Isi Anggaran Biaya dalam Proposal dan Contohnya
ilustrasi(medcom.id)

KAMU pasti sudah tak asing lagi dengan istilah proposal, apalagi untuk yang aktif di kegiatan sekolah. Biasanya proposal dibuat untuk pengajuan kerja sama dalam mengadakan acara tertentu.

Nah, kamu sudah tahu belum contoh proposal yang baik dan benar itu seperti apa? Kalau masih bingung, kamu bisa menyimak langsung pembahasan di bawah ini yah:

1. Pengertian Proposal 

Proposal adalah rencana kegiatan yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan. Rencana kegiatan tersebut tentu saja harus dituliskan secara baik dan benar supaya pihak yang berkepentingan dapat memahaminya dengan baik.

Proposal bersifat hanya sebagai usulan tertulis yang ditujukan kepada pihak-pihak yang berhubungan dalam suatu kegiatan. Kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan bisnis, pengajuan, dana, proyek, hingga penelitian.

2. Anggaran Biaya dalam Proposal

Berkenaan anggaran biaya dalam proposal umumnya berbentuk gagasan atau perancangan biaya anggaran, yang selanjutnya disingkat menjadi RAB. Dalam RAB tercantum besaran ongkos dan seberapa banyak keperluan logistik yang diperlukan untuk melakukan satu kegiatan.

Biaya anggaran bisa dibedakan berdasarkan tipe kegiatan yang hendak diadakan di antaranya anggaran biaya acara atau event, kegiatan organisasi dan anggaran proyek.

Ada banyak hal yang sepantasnya dilaksanakan pada proses penyusunan anggaran biaya dalam sebuah proposal. Harus diingat jika proposal ditulis secara resmi dan memakai bahasa yang cepat, padat, jelas termasuk dalam pengaturan anggaran biayanya.

Berikut beberapa hal yang penting diperhatikan dalam pembuatan anggaran biaya dalam sebuah proposal acara.

- Menghitung biaya perlengkapan yang dipakai dengan membuatkan daftar khusus yang telah diperlengkapi dengan biaya kontraknya.

- Biaya sewa gedung sebagai tempat berjalannya momen perlu masuk ke pendataan pembiayaan, terhitung penyediaan panggung dan dekor.

- Membuat daftar panitia dan pekerjaannya dan tentukan besaran biaya panitia terhitung transportasi dan uang santai.

- Tamu undangan atau tamu penting yang datang pada acara harus juga dalam pendataan rencana anggaran. Buat daftar tamu yang hendak didatangkan dan tetapkan tarif biaya untuk tiap tamu.

- Terakhir, biaya konsumsi yang dapat dihitung dengan menyaksikan dari jumlahnya tamu yang tiba, jenis konsumsi, dan intensif pemberian konsumsi.

3. Contoh Anggaran Dana dalam Proposal

a. Contoh Anggaran Biaya dalam Proposal Usaha

b. Contoh Anggaran Biaya dalam Proposal Penelitian 



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat