visitaaponce.com

Ini Jenis Makanan dengan Kandungan Kalsium Tinggi

Ini Jenis Makanan dengan Kandungan Kalsium Tinggi
kacang almond(medcom.id)

KALSIUM merupakan kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi. Kalsium juga diperlukan untuk mendukung fungsi sistem saraf, kontraksi otot, dan pembekuan darah.

Saat kandungan kalsium seseorang berkurang, ia akan mengalami osteoporosis dan rakitis. Sementara pada anak, kekurangan kalsium dapat menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang.

Untuk itu, konsumsi makanan yang mengandung kalsium yang cukup merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Orang dewasa membutuhkan asupan kalsium sekitar 1.000 mg setiap harinya. Sementara itu, lansia berusia di atas 50 tahun membutuhkan sekitar 1.200 mg kalsium per hari.

Makanan yang Mengandung Kalsium:

1. Ikan sarden

Selain kaya akan kalsium, ikan sarden juga mengandung protein dan omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan kulit.

2. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung sekitar 40 mg kalsium dan vitamin D yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

3. Brokoli

Dalam 50 gram brokoli, terdapat sekitar 30 mg kalsium. Proses perebusan brokoli untuk dikonsumsi ada baiknya dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama agar vitamin dan mineralnya masih terjaga.

4. Pakcoy

Pakcoy mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin K yang tinggi. Anda dapat menumis, mengukus atau merebus pakcoy untuk dikonsumsi.

5. Bayam

Bayam kaya akan zat besi, vitamin C, dan serat yang baik untuk kesehatan. Satu mangkuk kecil bayam matang dapat memenuhi 25 persen dari kebutuhan kalsum harian Anda.

6. Tahu

Dalam 260 gram tahu mengandung 832 mg kalsium. Tahu juga mengandung protein yang baik untuk tubuh.

7. Biji wijen

Dalam satu sendok makan yang setara dengan 9 gram biji wijen mengandung 160 mg kalsium. 

8. Kacang almond

Kacang almond mengandung kalsium yang paling tinggi di antara beberapa jenis kacang-kacangan lainnya. Dalam 15 gram kacang almond terdapat 40 mg kalsium yang bisa diperoleh.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat