visitaaponce.com

Pengertian Proporsi dalam Seni Rupa dan Contoh

Pengertian Proporsi dalam Seni Rupa dan Contoh
ilustrasi menggambar(ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

ADA dua jenis seni rupa jika ditinjau berdasarkan fungsinya yakni seni rupa terapan dan seni rupa murni. Sementara jika dilihat dari segi wujud, ada seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Sedangkan jenis karya seni rupa, beberapa di antaranya yakni seni lukis, seni relief dan seni grafis.

Seni rupa memiliki 9 prinsip yakni kesatuan, keseimbangan, irama, komposisi, proporsi, keselarasan, gradasi, kontras, dan penekanan. Nah, kali ini kita akan membahas prinsip proporsi dalam seni rupa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), proporsi merupakan sebuah perbandingan, bagian atau perimbangan. Serupa dalam bidang seni rupa, proporsi adalah hubungan antarbagian dari suatu benda atau hubungan antara suatu bagian dengan benda secara keseluruhan.

Dengan kata lain, proporsi merupakan bagian (persentase) dari suatu kejadian khusus dari keseluruhan data. Pengertian lain dalam seni rupa, proporsi adalah perbandingan yang harmonis dan ideal di antara setiap bagian benda yang menjadi objek gambar.

Agar estetika dalam sebuah karya seni memiliki nilai yang tinggi, maka perlu proporsi yang seimbang dan ideal, yakni benar, pantas, dan sesuai dengan semua unsur yang ada. 

Dalam seni rupa, proporsi memiliki hubungan yang erat dengan lebar, panjang, tinggi, luas dan ukuran kanvas. Proporsi digunakan untuk mempertimbangkan perbandingan bidang kanvas atau kertas dengan objek yang akan digambar atau dilukis. Prinsip ini juga lebih menekankan pada variasi atau keragaman ukuran unsur yang satu dengan lainnya dalam satu kesatuan yang utuh.

Contoh Proporsi dalam Seni Rupa

Proporsi tubuh manusia disesuaikan dengan tingkatan usianya. Umumnya proporsi tubuh yang bagus memiliki proporsi yang standar atau ideal. Proporsi dalam menggambar tubuh manusia adalah sebagai berikut:

- Usia 1-3 tahun = proporsi tubuh 1 : 4 tinggi kepala

- Usia 4-6 tahun = proporsi tubuh 1 : 5 tinggi kepala

- Usia 7-13 tahun = proporsi tubuh 1 : 6 tinggi kepala

- Usia 14-17 tahun = proporsi tubuh 1 : 7 tinggi kepala

- Usia 18-45 tahun = proporsi tubuh 1 : 8 - 8,5 tinggi kepala

Melukis wajah manusia juga merupakan salah satu contoh penerapan proporsi dalam seni rupa. Ketika melukis wajah, ukuran antara alis, mata, hidung, serta mulut harus seimbang.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat