visitaaponce.com

Persiapan Menyambut Ramadan menurut Islam dan Hadits

Persiapan Menyambut Ramadan menurut Islam dan Hadits
Ilustrasi.(ANTARA)

BULAN Ramadan semakin dekat, sudah waktunya untuk para umat muslim untuk mempersiapkan dirinya untuk menjalani bulan suci tersebut.

Pada bulan Ramadan segala ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan. Allah SWT juga mengajak umat Muslim untuk melatih kesabaran dan menahan berbagai godaan. Hal ini dilakukan untuk menjadi hamba yang takwa di hadapan Allah SWT.

Baca juga: 70 Juta Orang Terlindungi Vaksin Booster Covid-19

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda persiapkan agar Anda dapat melaksanakan berbagai kegiatan ibadah dengan lancar dan khidmat.

1. Perkuat Iman

Anda dapat memulai untuk memastikan agar selalu melaksanakan salat 5 waktu. Mulailah untuk mengendalikan diri Anda dari kebiasaan-kebiasaan buruk sehari-hari.

2. Persiapan Fisik dan Jasmani untuk Puasa

Puasa yang dilakukan pada bulan Ramadan dilakukan selama sebulan, untuk itu dibutuhkan kondisi fisik dan jasmani yang prima. Mulailah lebih rutin berolahraga dan bila perlu konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan. Dengan mengonsumsi vitamin, sistem kekebalan tubuh akan mendapatkan support tambahan agar tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Mendalami Ilmu dan Pengetahuan Agama

Anda dapat mempelajari hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh umat muslim di bulan Ramadan. Selain itu, Anda juga dapat  memperbanyak bacaan-bacaan mengenai agama dan lebih sering mengikuti forum-forum agama untuk memperdalam pengetahuan dan ilmu keagamaan agar bisa menunaikan ibadah di bulan Ramadan dengan lebih khusyuk.

4. Membersihkan Lingkungan Sekitar

Dengan membersihkan rumah, lingkungan sekitar, sampai jika bisa ikut serta membersihkan masjid dan musholla akan lebih baik. Lingkungan yang bersih dapat mendukung ibadah agar lebih berkah.

5. Berharap Dosa Diampuni

Jika semua sudah dilakukan, kita tinggal pasrah berharap dan berdoa kepada Allah SWT agar dosa yang sudah dilakukan dapat dimaafkan dan kita memasuki Ramadan dengan keadaan suci.

6. Persiapan Awal dan Materi

Mulailah untuk mengelola keuangan Anda secara lebih baik. Menjelang bulan Ramadan, Anda dapat meningkatkan amal dengan berzakat dan bersedekah.

7. Persiapan Kebutuhan Ramadan Sehari-hari

Siapkan perlengkapan ibadah hingga keperluan dapur, mulai dari sembako dan bumbu masak yang memadai. Agar menjalankan ibadah bisa maksimal dengan santapan sahur dan buka puasa bergizi.

8. Melunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Sebelum menyambut bulan Ramadan, jangan lupa untuk melunasi hutang puasa di tahun lalu. Karena, ada beberapa kondisi yang memperbolehkan umat Muslim untuk tidak menjalani ibadah puasa. Seperti saat sedang sakit, hamil, dan datang bulan.

9. Menyiapkan Perlengkapan Ibadah

Siapkan sajadah, sarung, peci hingga mukena agar aktivitas beribadah bisa dilakukan secara maksimal. Perlengkapan ibadah yang terpenuhi dapat mendukung ibadah Anda di bulan Ramadan ini.

10. Banyak Berbuat Baik

Di bulan yang penuh berkah ini kamu bisa memulai banyak perbuatan baik terhadap sesama dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk.

11. Persiapan Jiwa dan Mental

Sambutlah bulan Ramadan dengan jiwa yang bersih dan rasa ketulusan hati. Alangkah lebih baik jika Anda bertaubat dengan semua kesalahan yang pernah kamu lakukan agar semua ibadah puasa lebih khusyuk dan fokus. Selain itu mental Anda juga harus dipersiapkan karena pada bulan ini kita akan beribadah puasa dan lainnya dengan optimal selama sebulan penuh. 

Jiwa dan mental kita harus dipersiapkan dengan penuh keimanan dan ketulusan hati atau ikhlas dalam beribadah. Dengan demikian, maka kesulitan dan sikap malas dalam ibadah bisa diatasi dan dihilangkan. Ibadah pun menjadi terasa mudah dan menyenangkan.

Semoga bermanfaat! (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat