visitaaponce.com

Menolak Balik ke Zaman Batu, Ini Cara Meningkatkan Literasi Membaca

KEPALA Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud-Ristek, Aminudin Aziz, menyebut literasi Indonesia mundur kembali ke zaman batu karena masyarakat malas membaca dan justru menjadikan media sosial sebagai sumber informasi.

Kepala Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Satryo Soemantri Brodjonegoro mengamini rendahnya literasi orang Indonesia saat ini. Ia mengatakan ada beberapa cara meningkatkan literasi membaca yang bisa dilakukan.

"Bahwa literasi Indonesia masih rendah itu betul, baik literasi anak maupun literasi dewasa, hal ini karena masyarakat Indonesia pada umumnya kurang atau bahkan malas membaca, padahal literasi akan meningkat dengan banyak membaca," ucap Soemantri kepada Media Indonesia, pada Jumat (3/3).

Ia berpesan agar masyarakat Indonesia untuk lebih menerapkan budaya membaca agar literasi membaca Indonesia bisa maju dan meningkat.

"Budayakan membaca untuk semua usia, para pemimpin beri contoh membaca kepada rakyatnya, guru beri contoh membaca kepada muridnya, dosen beri contoh membaca kepada mahasiswanya dan seterusnya. Coba perhatikan di Jepang dan Vietnam, setiap orang setiap saat pasti membaca jika ada waktu luang," tegasnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat