visitaaponce.com

Badan Bahasa Bangkitkan Semangat Membaca di Kalangan Masyarakat

Badan Bahasa Bangkitkan Semangat Membaca di Kalangan Masyarakat
Ilustrasi.(Antara)

SEKRETARIS Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Hafidz Muksin mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen menggugah semangat membaca di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, Badan Bahasa akan mengadakan aksi membaca di Keraton Yogyakarta pada 30 Mei 2024.

"Kita ingin menggugah semangat membaca. Besok akan ada aksi ke Keraton pagi untuk mencerminkan adat dan budaya Keraton kita pakai pakaian lurik. Teman-teman akan membawa buku dan disediakan waktu untuk membaca. Itu aksi mandiri," ungkapnya dalam acara Mancakrida Sekretariat Badan Bahasa di Yogyakarta, Rabu (29/5).

Lebih lanjut Hafidz juga menambahkan bahwa pihaknya juga akan melakukan kegiatan berbagi buku kepada anak-anak usia sekolah yang melintasi Jalan Malioboro, Yogyakarta. "Kita fokuskan di titik nol dan akan dibagikan sekitar 2.000 eksemplar buku bacaan. Setiap anak dan keluarga kita berikan lima buku. Ini buku bacaan bermutu hasil kurasi Kemendikbud-Ristek yang dibagikan ke daerah 3T," kata Hafidz.

Baca juga : Penguatan Literasi untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045

"Kita juga hibahkan buku ke 20 satuan pendidikan dan taman bacaan terpilih. Lalu kita juga hibahkan buku ke perpustakaan daerah. Kita berikan 50 eksemplar. Rencananya kita berikan juga kepada taman pintar," sambungnya.

Dia mengatakan agenda ini dilakukan juga dalam rangka merayakan Hari Buku Nasional. Selain itu, Yogyakarta yang juga dikenal sebagai kota pelajar diharapkan dapat menjadi titik balik peningkatan literasi baca di Indonesia.

"Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar yang saya harapkan mulai dari titik nol ini. UNESCO katakana budaya baca Indonesia rendah. Kita ingin memantik kembali giat membaca mulai dari titik nol. Jadi diharapkan aksi kita akan dilihat oleh pelajar dan mahasiswa di sini," pungkas Hafidz. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat