visitaaponce.com

Perpusnas Komitmen Perkuat Literasi dan Budaya Baca di Indonesia

Perpusnas Komitmen Perkuat Literasi dan Budaya Baca di Indonesia
Sejumlah anak memilih buku yang dijual di Perpustakaan Umum Daerah Solo, Jawa Tengah.(Antara)

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan, yang berlangsung di Hotel Grand Mercure Jakarta pada 14-15 Mei 2024. Rakornas yang mengusung tema Menata Ulang Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi itu fokus membahas tiga isu utama, yaitu penguatan budaya baca dan literasi, pengarusutamaan naskah nusantara, serta standardisasi dan pembinaan tenaga perpustakaan.

Ketua Panitia Rakornas Bidang Perpustakaan, Joko Santoso, mengungkapkan  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN 2020-2024 akan memasuki tahap akhir di tahun ini, dan Indonesia akan bersiap untuk melaksanakan RPJMN yang akan datang periode 2025-2029.

“Salah satu agenda pembangunan dalam RPJMN 2020-2024 adalah revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. Agenda ini dilaksanakan secara terpadu melalui salah satu program prioritas nasional, yaitu penguatan budaya literasi, inovasi, dan kreativitas untuk mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkarakter,” ujar Joko di Jakarta, Selasa (14/5).

Baca juga : Pakar Pendidikan: Akreditasi Perpustakaan Tidak Bermanfaat

Salah satu indikator keberhasilan program ini adalah pencapaian sasaran strategis Perpustakaan Nasional, yakni nilai Tingkat Gemar Membaca (TGM) 2023 sebesar 66.77 dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) 2023 sebesar 14.58. Angka-angka ini masih dalam posisi sedang. Sementara itu, target nilai TGM 2024 sebesar 71.30 dan nilai IPLM 2024 sebesar 15.00 dan ini hanya berhasil dicapai dengan kerja keras dan kerja kolaboratif.

Dalam Rancangan RPJMN 2025-2029, terdapat salah satu agenda pembangunan yaitu ketahanan sosial budaya dan ekologi. Di mana salah satu program pembangunannya adalah penguatan karakter bangsa dan pemajuan kebudayaan, dengan kegiatan pembangunan.

“Di antaranya perlindungan dan pelestarian warisan budaya dan pengembangan budaya literasi untuk mendukung kreativitas dan inovasi,” tegas Joko.

Baca juga : Perpusnas: Orang-orang di Desa tidak Cukup hanya Diberi Buku

Sementara itu, pelaksana tugas Kepala Perpusnas Aminudin Aziz mengatakan, pada 2020 pihaknya melakukan survei untuk mengetahui seberapa besar tingkat kegemaran membaca masyarakat. Namun, ia mengetahui fakta yang terjadi di lapangan.

“Sesungguhnya masyarakat ingin sekali membaca, namun tidak terpenuhi oleh ketersediaan buku sesuai minat dan keinginan masyarakat. Ini kesalahan beberapa pihak. yakni dosa dari penulis buku yang tidak melakukan survei apa yang harus dibaca masyarakat,” ujar Amin.

“Kedua, dosa dari penerbit karena menerbitkan buku yang tidak disukai. Ketiga, dosa dari perpustakaan karena mengambil buku yang tak disukai,” tuturnya.

Baca juga : Gandeng Perpusnas, Penggerak Literasi Nasional Tingkatkan Literasi Pelajar

Untuk mengubah hal itu dibutuhkan kebijakan yang akan memberikan fasilitas, peluang yang sangat besar kepada calon pembaca menyediakan buku yang dimintai sesuai pangsa pasar.

“Minat membaca buku berbeda. Tidak bisa dipaksakan untuk hanya satu buku,” ucapnya.

Kemudian, sambungnya, buku tidak menarik karena berawal dari cara buku disajikan. seperti tata letak, ilustrasi maupun bahasa. Maka ini adalah sebuah pekerjaan besar. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat