visitaaponce.com

Perempuan Garda Terdepan Kesehatan Keluarga

Perempuan Garda Terdepan Kesehatan Keluarga
Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Lily Kresnowati(DOK.BPJS KESEHATAN)

PEREMPUAN disebut sebagai tiang negara karena semua keputusannya sangat berperan. Jika Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) merupakan garda terdepan layanan kesehatan masyarakat, maka perempuan adalah garda terdepan dalam menghasilkan ketahanan dan kesehatan keluarga yang baik. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Lily Kresnowati. 

“Peran perempuan dalam keluarga sangat sentral karena dialah yang menjaga ketahanan kesehatan keluarga. Memang FKTP merupakan lini terdepan dari sisi layanan kesehatan, namun dari sisi bagaimana kebiasaan perilaku sehat itu dibentuk, bagaimana makanan sehat dibuat, itu dimulai dari unit terkecil masyarakat, yaitu keluarga. Keluarga yang sehat akan menjadikan bangsa yang kuat,” ujar Lily melalui siaran resminya, Rabu (8/3).

Lily menjelaskan, saat ini sudah banyak layanan kesehatan BPJS Kesehatan yang mengakomodasi kebutuhan perempuan. Pertama, layanan skrining kanker serviks melalui pemeriksaan dengan metode IVA atau papsmear, serta skrining payudara melalui pemeriksaan payudara klinis. 

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) perempuan bisa mengakses layanan tersebut dengan mengunjungi FKTP. Jika ternyata berisiko tinggi atau sudah mengidap kanker payudara ataupun kanker serviks, maka peserta JKN tersebut akan mendapatkan penanganan lanjutan seperti tindakan medis, obat, hingga pemeriksaan rutin sesuai ketentuan yang berlaku.

“Sayangnya masih banyak perempuan yang sungkan memanfaatkan layanan skrining tersebut. Padahal deteksi dini sangat penting. Lebih cepat diketahui, lebih cepat penanganannya. Oleh karena itu, kami mendorong FKTP agar lebih giat mengajak peserta JKN perempuan supaya rutin memeriksakan kesehatannya supaya meminimalisir risiko terkena kanker payudara dan kanker serviks. Kami juga melibatkan organisasi perempuan, ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), hingga tokoh-tokoh lainnya untuk ikut mengedukasi masyarakat akan pentingnya melakukan skrining payudara dan skrining kanker serviks,” papar Lily.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga menjamin layanan kesehatan untuk pemeriksaan kehamilan, persalinan, hingga pasca-persalinan. Lily mengungkapkan, melalui berbagai layanan kesehatan diharapkan kesehatan ibu maupun bayinya terpantau, terbebas dari risiko stunting, gizi buruk, penyakit yang mengganggu tumbuh kembang balita, dan penyakit-penyakit lainnya. Bahkan peserta JKN perempuan di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal yang terkendala akses ke fasilitas kesehatan karena faktor geografis, transportasi atau ketidaktersediaan infrastruktur maupun sarana prasarana, dapat teratasi dengan layanan telemedicine. 

“Kita patut bersyukur, karena kesempatan, hak, dan kewajiban perempuan Indonesia, termasuk di sektor kesehatan, sudah dijamin dan dilindungi undang-undang. Pesan saya bagi seluruh perempuan di Indonesia, jangan lupa menghargai dan mencintai diri sendiri. Jaga kesehatan fisik maupun mental, agar mampu memberikan kontribusi dan cinta lebih banyak kepada sekitar. Selamat Hari Perempuan Internasional, semoga perempuan Indonesia terus menjadi inspirasi serta kekuatan bagi keluarga, bangsa, dan negara,” tutup Lily. (S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat