visitaaponce.com

Sambut Kehadiran Ramadan, BWA Gelar Kegiatan Mengaji di Tiga Kota

Sambut Kehadiran Ramadan, BWA Gelar Kegiatan Mengaji di Tiga Kota
BWA menggelar kegiatan bertajuk " "Jogja Mengaji, Bekasi Mengaji, dan Depok mengaji" dalam menyambut kedatangan Ramadan.(ist)

BWA (Badan Wakaf Al-Qur'an) memiliki cara unik untuk mengajak masyarakat menyambut bulan suci Ramadan tahun ini.

Dengan bertajuk "Jogja Mengaji, Bekasi Mengaji, dan Depok mengaji", BWA melibatkan masyarakat umum dan para santri untuk melakukan aktivitas mengaji dan bersholawat di tempat-tempat umum seperti di pedestrian, bus angkutan umum bahkan di dalam kereta.

Gelaran kegiatan ini dilakukan berturut-turut pada hari Jum’at 17 Maret sampai Ahad 19 Maret 2023.

Baca juga: BWA Gelar Kegiatan 'Raja Ampat Mengaji' dan Angkat Eksistensi Muslim di Papua Barat 

Abah Narko selaku Ketua Panitia Jogja Mengaji mengatakanbahwa kegiatan mengaji di 0 kilometer Malioboro ini sebagai ungkapan gembira akan datangnya bulan suci Ramadhan, selain itu kami juga mengajak kepada warga Jogja untuk membaca kitab suci Al-Qur’an.

Mengaji di Pedesterian Malioboro

Sebelum mengaji bersama di pedestrian Malioboro, para peserta sengaja mengaji juga di dalam angkutan umum seperti Bus Transjogja dan Kereta Commuter Line, dilanjutkan dengan dengan mannequin Challenge dengan memegang mushaf Al-Qur’an yang menarik banyak perhatian para pengguna jalan di sana.

Baca juga: Sinar Mas Gandeng MUI dalam Bazar Minyak Goreng dan Wakaf Al-Quran

Tidak kalah menarik dengan Jogja mengaji. Di Bekasi juga diselenggarakan Bekasi mengaji dengan berpusat di Islamic Center Bekasi.

Kolaborasi dengan ICMI dan Lembaga Islam

Berkolaborasi dengan ICMI dan Lembaga Islam lainnya di Bekasi, BWA turut mendistribusikan mushaf Al-Qur’an sebanyak 2500 mushaf untuk dibagikan kepada warga Bekasi.

Ketua panitia Bekasi Mengaji 2 H. Faisal N.A. Moeliza mengatakan,“Bekasi Mengaji 2” diikuti sekitar 2500 peserta. Berasal dari umat Muslim dan berbagai organisasi keagamaan di Bekasi. Di katakan Faisal, program “Bekasi Mengaji 2” merupakan kelanjutan dari program serupa tahunlalu.

“Jika tahun lalu hanya diikuti sekitar 1500 peserta maka tahun ini meningkat menjadi 2500 -3000 peserta. Melihat antusiasmenya umat Muslim Bekasi, kami merencanakan program Bekasi Mengaji ini menjadi agenda rutin tahunan,” tambahnya.

Baca juga: Satu Kontainer Al-Qur'an Wakaf BWA Diperuntukan Bagi Muslim di Sulteng

Selain Jogja dan Bekasi, BWA juga menggelar kegiatan Depok mengaji di Alun-alun Depok pada Ahad 19 Maret 2023. Melibatkan ratusan warga Bekasi, BWA juga membagikan Al-Qur’an sebanyak 500 mushaf sekaligus mengajak warga untuk membacanya.

“Kegiatan Jogja Mengaji, Bekasi Mengaji dan Depok mengaji ini adalah cara BWA untuk mengajak masyarakat untuk lebih gemar lagi membaca Al-Qur’an sekalipun di tempat-tempat umum, asalkan bersih dari najis,” ungkap Heru Binawan selaku Chief Executive Officer BWA. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat