visitaaponce.com

Awas Jangan Begadang Sebelum dan Saat Mudik

PERJALANAN selama mudik tentunya sangat melelahkan badan. Pastikan badan anda sehat sebelum melakukan perjalanan menuju kampung halaman. 

Guna menjaga kesehatan, senior Manager Medical Underwriter Sequis Fridolin Seto Pandu mengingatkan pemudik menjaga pola makan, cukup tidur, dan tak bergadang.  

"Menjaga tubuh agar tetap prima sebelum perjalanan mudik dengan menjaga pola makan dan cukup tidur atau tidak begadang sebelum dan saat mudik sangat penting karena kesehatan dapat terganggu jika tubuh kurang istirahat," kata Fridolin.
  
Baca juga: Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni

Bagi yang memiliki penyakit bawaan, Fridolin menyarankan melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan lupa membawa obat-obat yang rutin di minum. 

"Anda juga dapat membawa vitamin untuk menjaga imun tubuh dan obat antimabuk perjalanan. Siapkan asupan bergizi yang nantinya akan dikonsumsi saat perjalanan mudik," kata Fridolin

Baca juga: Enesis Group Bagikan Healthy Kit Dukung Prokes Saat Mudik 2023

Perjalanan mudik, lanjutnya, akan menempuh perjalanan yang cukup jauh dan lama yang memungkinkan mereka berbuka puasa atau sahur di jalan. Kondisi itu yang membuat mereka memerlukan makanan dan camilan sehat, seperti roti gandum, kurma, oatmeal, snack bar bernutrisi, dan kacang-kacangan yang kaya akan omega tiga.

Fridolin juga mengingatkan untuk menyiapkan air putih yang cukup. Air putih mampu mengurangi dehidrasi, serta menghindari minuman berkafein dan bersoda karena berpotensi memicu sakit perut atau kembung.
  
Tentunya pemudik disarankan menyempatkan waktu istirahat dalam perjalanan. Terutama mereka yang mudik menggunakan kendaraan pribadi. Bila sudah mengantuk, pemudik disarankan tidak memaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Pasalnya rasa lelah dan kantuk sangat berbahaya bagi keselamatan pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lain. 

"Manfaatkan waktu setidaknya 15 - 20 menit untuk beristirahat di posko mudik atau rest area. Saat beristirahat, lakukan gerakan stretching  agar tubuh tidak terlalu pegal dan kaku," saran Fridolin.
  
Head of Sequis Digital Channel Antonius Tan mengingatkan para pemudik memastikan kendaraan aman sebelum mudik. Selama perjalanan mematuhi rambu dan marka jalan, serta sudah melengkapi diri dan keluarga dengan perlindungan ekstra melalui asuransi kesehatan dan kecelakaan.

Kecelakaan dapat menyebabkan berbagai kerugian, seperti pengeluaran uang dalam jumlah besar untuk perawatan medis, perbaikan kendaraan, bahkan kerugian finansial hingga jangka panjang akibat kecelakaan dan atau kematian.
  
"Oleh sebab itu selain waspada, kita perlu mempersiapkan dan melindungi diri dengan asuransi karena manfaat dan santunan asuransi dapat membantu meringankan beban finansial dan beban mental dari korban dan keluarga," demikian kata Antonius. (Ant/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat