visitaaponce.com

Ini Alasan Pentingnya Mengenal Golongan Darah, Cegah Risiko Kesehatan

Ini Alasan Pentingnya Mengenal Golongan Darah, Cegah Risiko Kesehatan
Ilustrasi golongan darah(Freepik.com)

MENGETAHUI golongan darah merupakan salah satu hal penting. Hal itu bertujuan untuk membantu mencegah risiko Kesehatan dalam keadaan darurat, salah satunya Talasemia.

Perlu untuk diketahui, Talasemia merupakan penyakit akibat kelainan darah yang disebabkan oleh kelainan pada rantai Alpha dan Betha.

Lebih lanjut, golongan darah penting di ketahui karena jika sesuatu terjadi yang membutuhkan transfusi darah, dapat dengan mudah dilakukan. 

Baca juga : Ini Pesan Jusuf Kalla Peringati Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia

Transfusi darah yang tidak sesuai dapat membahayakan keselamatan jiwa. Lasu apa yah yang dimaksud dengan cek golongan darah? 

Apa itu cek golongan darah?

Cek golongan darah adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk menemukan antigen ABO dan Rhesus (Rh) dalam darah pendonor dan darah orang yang akan menerima donor. Tes ini juga dapat digunakan untuk menentukan golongan darah wanita hamil dan bayi yang baru lahir.

Baca juga : Hari Palang Merah Indonesia (PMI): Sejarah dan Tugas

Cek golongan darah dilakukan agar Anda dapat dengan aman mendonorkan darah atau menerima transfusi dari orang lain. Pemeriksaan ini juga dilakukan untuk melihat apakah Anda memiliki zat yang disebut faktor rhesus (Rh) pada permukaan sel darah merah Anda atau tidak.

Dikutip dari American Red Cross, golongan darah Anda ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya protein tertentu pada sel darah merah Anda. Protein itu disebut dengan antigen. Singkatnya, darah manusia dikelompokkan berdasarkan kehadiran antigen A dan B.

Antigen sendiri merupakan zat yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda menghasilkan antibodi untuk melawan zat asing dalam tubuh. Ketika tubuh tidak mengenali zat asing, sistem kekebalan akan berusaha melawannya.

Kapan harus melakukan tes golongan darah?

Cek golongan darah dilakukan untuk memastikan Anda mendonorkan darah atau melakukan transfusi darah dari golongan darah yang tepat. Jika tidak, Anda akan mengalami risiko kesehatan yang mungkin mengancam nyawa Anda.

Pemeriksaan ini juga untuk dapat menentukan golongan darah pada orang yang ingin memiliki anak untuk menilai risiko Rh ibu dan anak yang tidak kompatibel.

Cek golongan darah juga dapat digunakan ketika seseorang ingin mendonasikan organ tubuh, jaringan, atau sumsum tulang, atau orang yang ingin mendonorkan darah. Terkadang, tes golongan darah dilakukan sebagai bagian dari proses menentukan keturunan.

Manfaat Cek Golongan Darah

1. Untuk kelengkapan medis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alasan paling penting untuk mengetahui golongan darah adalah jika terjadi situasi darurat yang membuatmu membutuhkan transfusi darah. 

Anda memerlukan darah yang kompatibel, soalnya golongan darah yang tidak cocok dapat menyebabkan sel darah menggumpal yang bisa berakibat fatal. Selain itu, cek golongan darah juga dapat membantu memprediksi konsentrasi protein tertentu dalam aliran darah, yang menjadi indikasi penyakit tertentu. 

2. Untuk membantu yang membutuhkan 

Dengan mengetahui golongan darah, Anda bisa membantu orang yang membutuhkan, entah itu saudara, teman, ataupun orang lain yang sedang dalam keadaan mendesak dan membutuhkan darah. Umumnya semua jenis darah dibutuhkan, bahkan menurut American Red Cross, setiap dua detik ada saja orang membutuhkan donor darah. 

3. Perencanaan kehamilan yang sehat

Mengetahui golongan darah dapat membantu memprediksi beberapa kondisi yang dapat terjadi selama kehamilan, seperti ketidakcocokan Rh antara ibu dan bayi.

Wanita Rh-negatif bisa hamil dari ayah Rh-positif. Bila hal ini terjadi, ibu dapat memiliki reaksi kekebalan terhadap janin. Kehamilan yang demikian membutuhkan pemantauan yang spesifik, supaya anak lahir dengan selamat. 

4. Untuk menurunkan risiko akan kondisi kesehatan tertentu

Pengecekan golongan darah tidak hanya dapat membantu orang lain, melainkan juga menginformasikan diri kemungkinan Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu di masa sekarang dan akan datang. Golongan darah tertentu berisiko mengalami risiko pembekuan darah dan pendarahan serta kondisi batu ginjal.

Cara Mengecek Golongan Darah

Untuk mengetahui golongan darah, sampel darah harus diambil dan diuji. Umumnya, seseorang bisa mengetahui golongan darahnya melalui beberapa cara, melalui pemeriksaan langsung ke klinik, rumah sakit, atau lab, dan juga bisa lewat donor darah.

Profesional medis akan memeriksa golongan darah seseorang sebelum mereka:

  • Melakukan transfusi darah.
  • Menjalani operasi.
  • Menyumbangkan organ untuk transplantasi.

Seperti penjelasan sebelumnya, seseorang mewarisi golongan darahnya dari orang tua kandungnya. Orang tua dengan golongan darah A dapat menurunkan antigen A atau tanpa antigen sama sekali. Jika orang tua lainnya memiliki darah tipe B, dia dapat menurunkan antigen B atau tanpa antigen. 

Bergantung pada kombinasinya, anak dengan orang tua golongan darah A dan B dapat memiliki darah A, B, AB, atau O. Jika kedua orang tua bergolongan darah O, maka anaknya hanya akan bergolongan darah O.

Jadi, ingat yah. Jangan lupa untuk mengecek golongan darah Anda. 

(Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat