visitaaponce.com

Urutan Wudhu yang Benar, Langkah-langkahnya dan Doa Wudhu

Urutan Wudhu yang Benar, Langkah-langkahnya dan Doa Wudhu
Seorang lelaki tengah melakukan wudhu.(AFP)

Wudhu menjadi salah satu cara bagi umat muslim untuk membersihkan diri dari najis dan kotoran. Umumnya, wudhu dilakukan sebelum ibadah salat, sebelum ke kabah, dan tawaf. Wudhu memiliki tata cara sendiri. Apabila tidak dilakukan sesuai dengan aturan, maka upaya membersihkan diri atau bersuci dan pelaksanaan salat dapat dianggap gagal atau tidak sah. Maka, berikut adalah tata cara wudhu yang benar.

Urutan Wudhu

Berikut adalah urutan wudhu yang harus dilakukan. Perlu diketahui, dalam melakukan wudhu, Anda harus melakukannya secara berurut.

1. Membaca niat dengan lisan

2. Mencuci telapak tangan 3 kali hingga ke sela-sela jari

Baca juga: Kutek Halal Boleh Dipakai Salat Tidak? Berikut 4 Rekomendasi Jenisnya

3. Berkumur 3 kali menggunakan air

4. Menghirup dan memasukkan air ke dalam hidung 3 kali untuk membersihkan hidung

5. Membasuh wajah 3 kali

6. Mencuci kedua tangan sampai ke siku sebanyak 3 kali

7. Mengusap bagian kepala 3 kali

Baca juga: Tata Cara Tayamum: Niat, Doa, dan Rukun

8. Mencuci kedua telinga secara bersamaan sebanyak 3 kali

9. Membasuh kaki hingga ke atas mata kaki sebanyak 3 kali

10. Membaca doa wudhu

Doa Setelah Wudhu

Akhirnya, setelah selesai melakukan tahapan wudhu, Anda dapat menyelesaikannya dengan membaca doa akhir wudhu. Ketika melafalkan doa ini, Anda dapat menghadap kiblat dan menengadahkan kedua tangan ketika berdoa.

أَشْهَدُ أَنْ لآّاِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu allâ ilâha illallâhu wahdahû lâ syarîka lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhû wa rasûluhû, allâhummaj'alnî minat tawwâbîna waj'alnii minal mutathahhirîna.”

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih)."

Itulah cara dan urutan wudhu yang benar. Jangan lupa hapalkan dan baca doa setelah wudhu untuk melengkapi kelengkapan ibadah dan bersucinya, ya.


 

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat