visitaaponce.com

Kutek Halal Boleh Dipakai Salat Tidak Berikut 4 Rekomendasi Jenisnya

Kutek Halal Boleh Dipakai Salat Tidak? Berikut 4 Rekomendasi Jenisnya
Ilustrasi pemakaian kutek pada kuku perempuan(Dok. Ist)

KUTEK, salah satu item kosmetik yang banyak dimiliki wanita. Kosmetik ini membuat tampilan kuku semakin menarik dan membuat percaya diri meningkat.

Sayangnya, sebagai seorang muslim, tidak semua kutek dapat dipakai salat. Belakangan ini kutek halal pun ramai menjadi sorotan hangat para wanita.

Banyak yang beranggapan kutek dengan logo halal bisa dipakai salat dan sah wudhunya. Padahal, faktanya tidak demikian.

Baca juga: Kosmetik Halal Menarik Konsumen Dunia

Dilansir berbagai sumber, kutek halal didefinisikan bagi kutek dengan kandungan halal. Berikut beberapa fakta kutek halal yang bisa dipakai salat:

1. Berbahan Dasar Polimer
Bahan dasar polimer membuat kutek memiliki kemampuan untuk ditembus air saat wudhu dan oksigen.

Baca juga: Sertifikat Halal Lindungi Konsumen dan Produsen

Selain halal untuk digunakan, kutek berbahan dasar polimer juga mampu menjaga kondisi sirkulasi air dan udara saat memakainya.

2. Tidak Menggumpal
Selain dua poin di atas, ciri selanjutnya kutek halal yaitu tidak mudah mengental.

Kalau kutek pada umumnya mudah sekali menggumpal, beda dengan kutek halal berbahan dasar polimer yang nggak mudah menggumpal atau padat. Justru kutek ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak lengket. 

3. Mudah Mengering
Kalau kutek pada umumnya butuh waktu lama untuk mengering yang mana harus diangin-anginkan dulu, kutek halal hanya butuh beberapa saat saja untuk mengering.

Karena oksigen dapat meresap melalui cat kuku saat mengering, Anda mungkin akan mengalami waktu tunggu yang lebih singkat hingga kuku Anda benar-benar kering.

4. Tidak Berbau Tajam
Ini karena kutek halal mengandung lebih sedikit bahan kimia keras

5. Tahan lama
Kutek halal yang menyerap keringat dan minyak dapat membuat kutek Anda lebih tahan lama dan bertahan lebih lama.

Sementara itu kutek yang bisa dipakai salat dinamakan kutek breathable, yang mana dapat menyerap air meski butuh waktu lama.

Berikut beberapa merk kutek halal yang berhasil dihimpun Media Indonesia:

1. Vivre Breathable Nail Polish

Tak hanya mengklaim, kutek dari Vivre ini juga dijamin aman karena memiliki sertifikat halal.

Lebih dari itu, kutek ini juga akan membuat kuku lebih sehat karena bebas dari kandungan paraben dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Tak tanggung-tanggung, warna yang tersedia pun cukup banyak, yaitu ada 24 shade. Mulai dari warna biru muda, beige, merah marun, hingga lilac pastel yang lembut.

2. Inglot O2M Breathable Nail Ename

Brand Inglot memang sudah terkenal sebagai merek kutek dengan aneka warna yang menarik

Memenuhi kebutuhan pasar perempuan muslim, Inglot juga merilis koleksi kutek halal yang terbuat dari polimer. Bahan ini telah teruji dapat menyerap air dan oksigen dengan mudah.

Selain halal, kutek Inglot ini juga mampu menjaga kondisi sirkulasi udara dan air pada kuku serta ujung jari saat memakai kutek.

Pilihan warna yang ditawarkan pun tidak kalah dibandingkan dengan kutek pada umumnya, mulai dari nude, merah tua, ungu, hingga hijau daun. 

3. Orly Breathable Treatment + Color

Kutek halal dari Orly ini punya kandungan minyak argan yang bisa melembapkan kuku dan membuatnya lebih berkilau. Selain itu, kutek ini juga dibuat dengan fitur teknologi oksigen yang canggih.

Dengan kata lain, formulanya bisa menghidrasi kuku sepanjang pemakaian kutek tersebut.
Koleksi yang juga disebut #halalpaint ini adalah hasil kolaborasi dengan sejumlah figure influencer muslim.

4. Ms Glow Breathable & Peel Off Nail Polish

Menurut Perusahaan ini, produk MS Glow memiliki sertifikasi Badan POM, sertifikat Halal dan teruji secara klinis.

Jenis kutek ini diklaim produsen tidak mengandung alkohol, breathable & waterbase berbahan dasar air dan lembut, sehingga tidak merusak kuku. Selain itu, Peel off yang mudah mengelupas tanpa mengggunakan nail remover.

Poin penting adalah bahwa produk ini tidak mengandung alkohol dan berbahan dasar air, sehingga mudah dibersihkan tanpa meninggalkan residu pada kuku.

Meski diklaim halal, bukan berarti kutek ini akan tetap membuat wudhu menjadi otomatis sah jika berwudhu sambil tetap memakai kutek. Karena jika kutek menyebabkan terhalangnya air terkena kuku, maka itu akan menyebabkan wudu jadi tidak sempurna.

Maka sebaiknya bersihkan kutek hingga hilang sebelum berwudhu, hingga yakin tidak ada air wudu yang terhalang mengenai anggota wudhu. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat