visitaaponce.com

Menteri Agama Petugas Haji Harus Responsif Bantu Jemaah yang Kelelahan

Menteri Agama: Petugas Haji Harus Responsif Bantu Jemaah yang Kelelahan
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas(Kemenag)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan para Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk responsif membantu jamaah calon haji yang kelelahan akibat cuaca panas di Arab Saudi pada musim haji 1444 Hijriah.

"Kalau jamaah terlalu kepayahan karena suhu tinggi, petugas harus responsif. Kalau dibutuhkan payung, siapkan payung. Kalau dibutuhkan semprotan air, siapkan semprotan air," ujar Yaqut di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten di Tangerang, Rabu (24/5).

Berdasarkan laporan dari Tanah Suci, pada siang hari suhu di Madinah bisa mencapai 42 derajat celcius. Sedangkan, di malam hari, suhu udara turun menjadi 30 sampai 35 derajat celcius. Kondisi tersebut diyakini masih akan berlangsung hingga sepekan ke depan.

"Melihat kondisi itu, kita minta petugas untuk lebih memberikan pengawasan dan pelayanan," sambungnya.

Di samping itu, Yaqut juga meminta para peserta haji agar selalu menjaga stamina dan fisik. Jamaah calon haji diimbau untuk sering membasahi anggota badan dengan air.

Sekretaris Petugas PPIH Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah Abdillah meminta jemaah mewaspadai cuaca panas di Arab Saudi. Mereka pun diimbau membawa peralatan seperti payung, kaca mata hitam, botol minum, dan obat-obatan.

"Jemaah harus waspada, paparan sinar Matahari terus-menerus akan membuat kulit terbakar dan terasa di kulit, serta dehidrasi," ucapnya.
 
Meski tidak haus, jemaah diingatkan untuk minum minimal seteguk setiap setengah jam dan sebaiknya membawa semprotan air untuk sesekali disemprotkan ke wajah.

Berbeda dengan Indonesia, udara di Arab Saudi, termasuk di Madinah, memiliki kelembapan rendah. Akibatnya, kulit dan bibir mudah kering. Bila dibiarkan, dapat menimbulkan gatal-gatal dan bibir pecah-pecah. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat