visitaaponce.com

Simak 5 Pilihan Doa Agar Anak Saleh dan Salihah, Lengkap dengan Artinya

Simak 5 Pilihan Doa Agar Anak Saleh dan Salihah, Lengkap dengan Artinya
Doa agar anak jadi anak saleh dan salihah(Ist)

SALEH dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merujuk pada sifat taat, sungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah, suci, dan beriman.

Dalam mendidik anak agar menjadi anak yang taat dan sungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah, tentunya orang tua dapat memberikan dukungan melalui doa-doa yang mereka panjatkan.

Ada banyak doa anak yang taat dan saleh yang dapat dipanjatkan oleh orang tua. Doa-doa ini dapat diamalkan setelah melaksanakan salat fardhu dan merupakan bagian dari upaya orang tua untuk membimbing anak-anak mereka ke arah yang baik.

Baca juga: Doa Memulai Pekerjaan Arab, Latin, dan Terjemahnya

Berikut ini adalah beberapa contoh doa anak yang taat dan saleh yang dapat dipanjatkan oleh orang tua.

1. Doa anak saleh agar Anak Berbakti kepada Orang Tua

Baca juga: Tata Cara Serta Niat Mandi Junub atau Wajib

‎اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum.

Artinya: “Ya Allah, berilah berkah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”

2. Doa anak saleh agar Anak Selalu Dilindungi Allah SWT

‎أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli ‘aynin lāmmah.

Artinya: “Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah Swt. yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat.” (HR Abu Daud)

3. Doa anak saleh agar Anak Mendapatkan Keberkahan

‎اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Allah, perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jemaah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang Engkau berikan kepada kami dan berilah kami keberkahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.”

4. Doa anak saleh 

‎اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan sunah, orang-orang yang paham dalam agama diberkahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.”

5. Doa anak saleh agar Anak Memiliki Pengetahuan Agama yang Benar

‎اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat Al-Qur’an).” (HR. Bukhari). (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat