visitaaponce.com

Arti Bunga Melati Ternyata Melambangkan Kesucian

Arti Bunga Melati Ternyata Melambangkan Kesucian
Warga memanen kuncup melati (Jasminum sambac) di perkebunan desa Sidorejo, Gringsing, Batang, Jawa Tengah, Minggu (18/9/2022).(Antara/Anis Efizudin.)

BERBAGAI macam bunga memiliki keindahan dan wangi yang begitu harum. Salah satunya bunga melati dengan ciri khasnya berwarna putih serta hampir disukai oleh semua orang.

Nama melati berasal dari bahasa Persia, yasmeen, yang berarti hadiah dari Tuhan. Bunga melati berasal dari Himalaya dan Tiongkok ini memiliki lebih dari 200 spesies melati dengan beraneka warna seperti putih, kuning, dan merah muda.

Bunga melati termasuk salah satu jenis bunga yang mengeluarkan aroma harum dan mekar pada malam hari. Penurunan suhu merangsang bunga melati untuk terbuka dan memungkinkan banyak aroma menyebar serta menarik penyerbuk seperti ngengat.

Baca juga: Mengenal Makna Bunga Edelweiss yang Disebut Bunga Abadi

Bunga melati berwarna putih sering digunakan juga sebagai pewangi karena aroma yang manis dan sensual. Aroma pada bunga melati juga dapat membuat tidur menjadi nyenyak.

Beberapa budaya beranggapan bahwa melati mewakili apresiasi dan keburuntungan. Bunga melati digunakan pada upacara keagamaan dan pernikahan untuk mewakili kesucian. Pada prosesi kematian, melati sebagai lambang perpisahan atau ucapan selamat tinggal.

Baca juga: Arti Bunga Tulip Berdasarkan Warna, Lambang Persahabatan hingga Berduka

Berikut beberapa arti filosofi bunga melati berdasarkan kepercayaan.

1. Kesucian diri. 

Bunga melati menjadi simbol kesucian. Karenanya, terdapat upacara bersifat sakral seperti pernikahan dan pembaptisan, bunga ini selalu hadir pada acara tersebut. Pada saat yang sama juga, bunga melati diartikan sebagai bentuk merayakan kemurnian dan perjuangan dari seorang ibu.

2. Pembawa keberuntungan.

Di Filipina, bunga ini digunakan sering digunakan pada upacara keagamaan. Namun di Amerika Serikat melati di taman sebagai lambang bentuk cinta, keindahan, dan romansa.

Bunga melati di berbagai bagian dunia dianggap simbol keberuntungan. Orang yang sering membawa bunga melati di saku mereka dianggap sebagai membawa keberuntungan dan energi yang positif.

3. Ungkapan kasih sayang.

Secara tradisional, bunga melati banyak digunakan sebagai bunga untuk pernikahan dan peringatan pada berbagai belahan dunia. Sifat bunga ini dikaitkan dengan rasa kasih sayang dan romantisme. Ini banyak terjadi di Indonesia, Filipina, dan daerah lain.

Selain keharuman bunga ini yang membuat kita merasa tenang dan menyenangkan, penampilan melati dianggap sebagai tanda yang mengomunikasikan cinta.

4. Kecantikan dan keindahan.

Karena bunga melati memiliki aroma yang menyenangkan dan berwarna putih lembut, hal ini sering dihubungkan terhadap segala sesuatu yang indah di dunia. Bunga melati hadir dalam mitologi Yunani dan Romawi sebagai simbol keindahan. 

Dalam mitologi Yunani, melati terhubung dengan Aphrodite yang merupakan dewi kecantikan dan keindahan. Sedangkan dalam mitologi Romawi, bunga melati dekat dengan Venus yang merupakan mitra Romawi dari Aphrodite.

5. Menumbuhkan energi positif.

Melati menjadi salah satu bunga yang hangat dan cukup sensitif. Bunga yang dikenal dengan aroma wangi semerbak dan indah untuk dipandang ini dianggap sebagai membawa kehangatan dan perasaan positif di mana pun.

Bunga ini membawa rasa dan aroma yang menyenangkan untuk sekitarnya. Pasalnya melati dapat menghidupkan ruangan tempat mereka berada.

6. Hadiah dari Tuhan.

Pada budaya Persia, tempat bunga ini berasal, kata yasmeen berarti hadiah dari Tuhan. Bunga ini dinamakan seperti itu karena orang Persia meyakini bahwa bunga melati dikirim dari Tuhan sebagai hadiah dan keindahan bagi umat manusia.

Pada hal lain, melati menghubungkan banyak simbolis dewa, kemurnian, keindahan, kepolosan, kehangatan, dan keberuntungan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat